Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here are the FeedBlitz email updates for you. Click here to start your FREE subscription



Akar Pohon Masuk Fondasi Rumah? Ini Solusinya! and more...

Akar Pohon Masuk Fondasi Rumah? Ini Solusinya!

akar-pohon-2

Bagaimana membuang dan menghentikan pertumbuhan akar pohon yang mendekati fondasi rumah agar tidak merusak fondasi rumah Anda.

 

Akar pohon yang cukup besar, seperti pohon beringin dan pohon asam, akan terus merambat seiring berjalannya waktu. Akar pohon ini akan terus mendesak dan merusak fitur – fitur di sekitarnya, misalnya pavers, jalan setapak, tanah, dinding, hingga pagar. Jika kebetulan pohon tersebut lokasinya tak jauh dari rumah, alhasil, kemungkinan besar akar pohon tersebut akan terus menjalar hingga mendekati fondasi rumah dan akhirnya akar pohon membuat fondasi rumah menjadi retak dan rusak.

Kerusakan yang ditimbulkan pun tak bisa dikatakan sepele. Untuk itu, kita perlu mencegah pertumbuhan akan pohon, sehingga tidak sampai mendekati rumah dan merusak fondasi. Salah satu caranya adalah dengan memasang alat atau fitur yang mencegah atau menahan agar akar tak mengenai fondasi rumah. Apa saja fitur pencegah pertumbuhan akar pohon itu?

Alat dan bahan untuk menghambat pertumbuhan akar pohon

  • Sekop (bisa diganti cangkul)
  • Kapak
  • Plastik penahan akar pohon (biasanya terbuat dari bahan plastik PVC)
  • Gunting rumput
  • Systemic herbicide mengandung 2 persen triclopyr dan 18 persen glyphosate

Langkah dalam mencegah perambatan akar pohon

  1. Gali sebuah lubang atau parit yang lokasinya di antara pohon dan fondasi rumah

Untuk menanggulangi akar pohon yang terus merambat, buat sebuah parit dengan kedalaman +- 1,2 – 1,3 meter, dan jarak parit dengan fondasi rumah +- 1 meter. Jika akar pohon sudah mendekati fondasi rumah dalam jarak kurang dari 1 meter, cungkil akarnya dengan kapak atau cangkul.  Jika tumbuh tunas – tunas dari akar pohon tersebut, maka Anda bisa mencabutinya terlebih dahulu hingga menyentuh permukaan tanah, atau hingga akarnya tercabut dari tanah dengan menggunakan  pruning shears.

Untuk menghilangkan tunas ini, perlu dilakukan secara berkala setiap bulan di tiap musim, terutama di musim hujan. Dengan menghilangkan tunas – tunas ini, akar akan berhenti tumbuh dan tidak terlalu ekspansif. Setelah itu, bisa juga Anda menambahkan atau membasahi akar tersebut dengan air, sehingga tanah di sekitar akar pohon menjadi lembab dan kondisi ini mempercepat proses pembusukan. Hal ini bisa Anda lakukan pada akar pohon yang pohonnya sudah ditebang dan Anda ingin menghilangkan sisa – sisa akarnya.

  1. Ambil plastik PVC dan letakkan pada parit

Langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah dengan menyiapkan plastik PVC yang akan menjadi root barrier, lalu letakkan pada parit yang memisahkan pohon dengan fondasi rumah. Pastikan agar plastik ini ditempatkan secara vertikal. Juga, usahakan agar root barrier ini ditempatkan tepat pada kedalaman +- 1,2 – 1,3 meter, sehingga akar pohon tidak akan menyusup di bawahnya.

  1. Tutupi kembali parit tersebut dengan tanah

Setelah plastik PVC sudah ditempatkan di dalam parit dengan baik, isi atau penuhi kembali parit tersebut dengan tanah. Di atasnya, Anda bisa meletakkan batu atau batu bata. Jika ditemukan ada tunas baru yang tumbuh, segera cabut atau potong.

  1. Tambahkan herbisida jenis triclopyr dan glyphosate untuk mematikan tunas akar

Jika Anda tak ingin melihat adanya tunas – tunas baru yang tumbuh dari akar, maka Anda bisa membuat larutan herbisida untuk mematikan tunas tersebut. Caranya adalah dengan melarutkan 2 persen triclopyr dan 18 persen glyphosate herbicide dengan takaran 6 ons cairan per 1 galon air atau sesuai dengan arahan pada petunjuk penggunaan dalam kemasannya. Sempotkan ke seluruh permukaan tunas. Dalam 4 minggu kemudian, cek apakah ada tanda – tanda tunas yang tumbuh kembali. Jika masih, ada, ulangi untuk menyemprotkan larutan herbisida tersebut dengan takaran yang sama. Cara ini perlu terus dilakukan sampai tunas  tidak tumbuh kembali.

Selain dengan cara menyemprotkan larutan herbisida ke tunas, Anda bisa juga menuangkan cairan ini pada parit. Hal ini akan menimbulkan efek yang kurang lebih sama pada akar pohon. Namun, Anda perlu berhati – hati dalam menggunakan cairan herbisida untuk mematikan akar pohon ini. Cairan herbisida ini juga bisa membunuh tanaman lain jika tak sengaja mengenainya. Oleh karena itu, lindungi tanaman yang penting dengan menggunakan papan saat herbisida ini disemprotkan pada akar. Juga, hindari menyemprotkan herbisida pada kondisi cuaca yang berangin.

  1. Buat agar area di sekitar parit cukup tinggi

Jika plastik PVC sudah diletakkan di tanah dan parit telah diisi kembali, buatlah agar area di sekitar parit cukup tinggi, sehingga menciptakan permukaan yang landai. Hal ini dimaksudkan untuk mengalirkan air hujan, sehingga air hujan yang turun dari atap akan mengalir menjauhi rumah.

akar-pohon-1

Contoh Akar Pohon yang Merusak Struktur Pondasi Rumah

Tips dan peringatan

Dalam mencampurkan cairan herbisida dengan air, serta dalam menyemprotkan larutan herbisida ini ke akar, pastikan Anda membekali diri dengan peralatan pelindung keamanan. Gunakan sarung tangan yang aman, yang terbuat dari lateks. Kenakan pakaian panjang, baik itu celana panjang maupun kaus panjang. Gunakan juga masker untuk menutup mulut dan hidung. Terakhir, jauhkan cairan ini dari jangkauan anak – anak.

Semoga langkah – langkah di atas dapat mencegah akar pohon untuk masuk fondasi rumah Anda.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Akar Pohon Masuk Fondasi Rumah? Ini Solusinya! is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    



Mencerahkan Bak Cuci dari Bahan Porselen

bak-cuci-piring-porselen-1

Tips dan cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan bak cuci porselen lebih bersih dan mengkilap.

 

Kita tentu akan sangat senang jika bak cuci (sink) yang berbahan porselen di rumah kita memiliki tampilan bersih mengkilap dan bebas noda atau kerak. Secara natural, bahan porselen sendiri sudah mengkilap dan putih bersih, namun kilaunya akan berkurang seiring jalannya waktu dan makin tingginya frekuensi pemakaian yang meninggalkan noda dan sisa – sisa sabun, minyak, tanah, atau kotoran pada bak porselen yang menempel dan tidak hilang saat dibersihkan.

Noda-noda dan kotoran yang menempel tersebut membuat porselen terlihat lusuh, kekuningan, dan warna putih serta kilapnya pun memudar. Jika dibiarkan lebih lama, noda – noda tersebut akan lebih mengendap dan menempel hingga makin sulit untuk dibersihkan. Meski begitu, cara – cara di bawah ini bisa diaplikasikan guna mendapatkan kembali kilau bak porselen pada sink di dapur Anda.

Peralatan dan bahan untuk membuat bak porselen mengkilap

  • Ember/baskom
  • Air hangat
  • Sendok
  • Baking soda
  • Ammonia
  • Spons cuci piring yang lembut
  • Minyal lemon
  • Kain lap atau handuk kering
  • Kain lap basah

Langkah – langkah dalam membuat bak porselen cerah kembali

  1. Buat bahan larutan pembersih bak porselen

Untuk membuat larutan untuk mengkilapkan bak porselen, ambil air hangat dan tuangkan dalam ember atau baskom. Tambahkan 2 baking soda dan 2 oz amoniak  ke dalam air hangat tersebut.

  1. Mulailah melakukan pembersihan pada bak porselen

Ambil spons cuci piring yang sudah disiapkan, lalu celupkan dalam larutan yang sudah dibuat tadi. Lakukan tes pada sedikit bagian bak porselen sebelum mengaplikasikannya pada seluruh permukaan porselen. Hal ini guna melihat reaksinya, dan adanya kemungkinan bahwa larutan tersebut akan merusak permukaan porselen. Jika dirasa aman, gosok seluruh permukaan bak cuci porselen dengan spons basah tersebut guna membuat kotoran dan noda kuning yang melekat menjadi luruh atau luntur, sehingga akan didapatkan kembali warna asli porselen, yaitu warna putih mengkilap.

Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan menuangkan larutan pembersih bak porselen ini sedikit demi sedikit di seluruh permukaan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Dengan cara mendiamkannya sejenak, kita memberikan waktu pada noda – noda bandel agar lebih mudah terangkat. Baru setelah itu, gosok dengan spons secara perlahan. Pastikan spons yang dipilih memiliki bahan yang cukup lembut dan tidak menimbulkan goresan pada porselen.

  1. Teruslah menggosok sampai seluruh permukaan mengkilap

Lakukan penggosokan pada seluruh permukaan bak porselen sehingga seluruh noda, kotoran, dan bercak kekuningan luntur seketika. Anda juga tak harus berfokus pada bagian yang berwarna kekuningan saja. Anda tetap bisa melakukan pembersihan atau penggosokan pada bagian bak porselen yang dirasa masih kotor dan kekuningan. Jika dirasa banyak noda dan kotoran yang menempel pada spons, bilas spons dengan air bersih, lalu celupkan kembali pada larutan campuran amoniak dan baking soda tadi.

  1. Sediakan lap basah untuk menggosok permukaan bak porselen

Sediakan kain lap kering, lalu basahi dengan air bersih hingga benar – benar basah. Gunakan lap basah ini untuk mengelap seluruh permukaan bak porselen yang sudah digosok dengan spons dan larutan pembersih tadi. Cara ini berguna untuk menghilangkan sisa – sisa noda atau kotoran yang belum tuntas terangkat dengan spons tadi. Kain lap juga berfungsi mengangkat sisa – sisa larutan pembersih pada bak porselen.

  1. Ambil kain lap atau handuk kering untuk mengeringkan bak porselen

Untuk membuat bak porselen cepat kering dan bebas lembab, serta bebas dari air atau sisa kotoran dan laruta pembersih, pakailah kain kering atau handuk kering yang cukup lembut. Usapkan ke seluruh permukaan bak porselen sampai benar – benar kering dan tidak lagi lembab.

  1. Ambil kain yang lain dan teteskan lemon oil

Ambil kain lap yang kering dan juga lemon oil (sari lemon atau minyak lemon). Kemudian, usapkan pada seluruh permukaan bak porselen. Atau, Anda bisa juga meneteskan beberapa tetes minyak lemon pada bak porselen, lalu diusap dan diratakan dengan kain bersih. Ratakan persebaran minyak lemon ini di seluruh permukaan bak porselen guna mengkilapkan dan mencerahkan bak porselen, sehingga bak porselen seperti baru lagi.

bak-cuci-piring-porselen-2

Desain Interior dan Furniture Dapur – Sink Porselen

Tips dalam membuat bak porselen mengkilap

  • Jika noda dan warna kekuningan amat sangat bandel dan tak mempan dihilangkan hanya dengan campuran air hangat, baking soda, dan amoniak seperti di atas, tambahkanlah bubuk trisodium phosphate sebanyak 1 sendok teh untuk setiap 1 ember larutan air hangat, amoniak, dan baking soda. Untuk penggunaan yang aman, perhatikan cara penggunaan yang ada di labelnya.
  • Pembersih porselen dengan bahan dasar asam (Acid-based cleaners) kadang bisa menghilangkan ceramic coating pada porselen dan mengikis bahan logam yang ada di dasar bak porselen. Untuk itu, bahan tersebut amat tidak dianjurkan dalam membersihkan bak porselen.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Mencerahkan Bak Cuci dari Bahan Porselen is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    



Ide Dekorasi Interior dan Eksterior Rumah Tepi Danau

rumah-kayu-ditepi-danau-3

Aspek dan unsur desain interior yang bisa diterapkan pada rumah yang berada ditepi danau yang biasa difungsikan sebagai tempat berlibur.

 

Rumah yang berada ditepi danau merupakan rumah untuk berlibur atau rumah yang hanya ditinggali saat liburan tiba. Sedangkan untuk hari – hari biasa, rumah tepi danau ini lebih sering disewakan. Oleh karena itu, aspek kenyamanan, kepraktisan, serta fleksibilitas harus dikedepankan saat berniat untuk  mendekorasi rumah tepi danau ini.

Dengan mendekorasi rumah tepi danau, menghabiskan waktu liburan di rumah tepi danau ini akan terasa lebih menyenangkan. Beberapa ide-ide desain interior untuk rumah tepi danau yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

Warna dan dinding yang tepat untuk interior rumah tepi danau

Gunakan warna – warna netral atau pastel untuk rumah tepi danau. Anda bisa menggunakan warna cat dengan corak warna atau hue seperti beige, putih, dan taupe guna menghadirkan nuansa yang terang, lapang, serta santai dalam rumah Anda, serta akan membuat ruang interior lebih terbuka.

Dinding interior rumah tepi pantai tidak boleh terlalu “ramai” dengan banyak wallpaper bermotif, seperti motif bunga atau terlalu banyak gambar. Jika Anda toh tetap ingin memanfaatkan wallpaper untuk dinding rumah, paling tepat gunakanlah wallpaper borders dengan pola dan motif yang disesuaikan dengan konsep interior rumah secara keseluruhan. Jika Anda lebih menyukai dinding yang dicat, sebaiknya tambahkan wainscoting atau bead board guna meningkatkan tampilan dinding rumah. Untuk menunjang suasana danau, hadirkan foto atau lukisan tentang danau, sawah, gunung, air terjun, sungai, hutan, atau pemandangan alam lain yang menunjang, lalu bingkai dalam frame yang cantik.

rumah-kayu-ditepi-danau-2

Desain Interior Rumah ditepi Danau

Dekorasi rumah tepi danau

Usahakan agar keadaan dalam rumah tepi danau selapang mungkin dengan tak banyak menghadirkan barang – barang atau perabotan. Semakin sederhana sebuah dekorasi rumah, tentunya akan semakin baik. Tujuannya adalah untuk memasukkan nuansa outdoor sebanyak – banyaknya ke dalam rumah, dengan menghadirkan banyak jendela kaca dan bukaan yang akan menampilkan pemandangan outdoor berupa lanskap danau yang indah ke dalam rumah. Jika ingin menggunakan dekorasi yang sedikit artistik, usahakan pilih hiasan yang terbuat dari kayu, tanaman asli, ranting pohon, batuan alam, tanduk rusa/binatang buas, atau aksesoris apapun yang berasal dari alam, dan bukan bahan yang terbuat dari pabrikan.

Furnitur untuk dihadirkan pada rumah tepi danau

Furnitur pada rumah tepi danau haruslah nyaman dan fungsional. Pada ruang tamunya, sering ditempatkan sofa atau couches sering berfungsi ganda, sebagai tempat duduk dan juga sebagai tempat tidur tamu. Untuk itu, pastikan Anda menaruh perhatian lebih pada sofa ini dan memilih sofa yang bertekstur empuk, cukup lebar, dan panjang,  sehingga bisa digunakan sebagai tempat tidur darurat. Boleh juga Anda memilih bahan sofa yang mudah dilepas dan dicuci, guna memudahkan Anda dalam membersihkan sofa secara rutin.

Selain sofa, pilih juga beberapa item furnitur yang praktis seperti meja sisi dan meja kopi dengan laci untuk penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan selimut, sprei, atau tempat tidur lipat sebagai tempat tidur tambahan.

Flooring untuk rumah tepi danau

Untuk masalah flooring, aspek kenyamanan dan kepraktisan dalam membersihkannya menjadi poin utama. Lantai kayu dan linoleum tergolong lantai yang mudah dalam perawatan dan bisa diaplikasikan pada rumah tepi danau. Jika Anda ingin mendapatkan nuansa artistik pada lantai, namun tanpa menghadirkan karpet atau permadani, disarankan untuk menggunakan stensil. Pilih stensil dengan motif dan warna yang disesuaikan dengan tema interior rumah tepi danau. Jika lantainya terbuat dari kayu atau parket, Anda bisa mengecatnya agar lantai awet sekaligus memiliki tampilan sesuai keinginan, apakah itu tampilan rustic, tradisional, vintage, ataupun klasik.

Lighting pada rumah tepi danau

Untuk rumah tepi danau, disarankan menghadirkan pencahayaan yang tidak terlalu terang atau sedikit temaram. Biasanya, interior rumah tepi danau banyak yang dihiasi dengan konsep vintage, maka dari itu,  pencahayaan yaang tidak terlalu terang adalah pencahayaan yang paling baik. Pilih jenis lampu  meja, lampu dinding, sconce, dan kandelar, atau lentera.  Untuk menciptakan nuansa interior yang lebih santai dan kasula, gunakan lampu dengan kap atau frame dari bahan bambu atau rotan.

rumah-kayu-ditepi-danau-1

Desain Eksterior Rumah ditepi Danau

Area outdoor pada rumah tepi danau

Rasanya kurang lengkap jika mendekorasi rumah tepi danau tanpa memperhatikan dekorasi eksterior rumah tepi danau atau area outdoornya. Guna menikmati pemandangan dan lanskap danau lebih sempurna, hadirkan ruang tamu outdoor atau area duduk di spot – spot dengan view danau terbaik. Anda bisa melengkapinya dengan menambahkan payung outdoor dan panggangan untuk mengadakan pesta barbeque di sini. Dapat juga Anda hadirkan perapian, taman bermain anak, ayunan, atau bahkan bath up untuk spa atau kolam renang agar lebih bisa menikmati pemandangan danau dengan santai.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Ide Dekorasi Interior dan Eksterior Rumah Tepi Danau is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    



Desain Arsitektur Rumah Tropis di Vietnam karya MM++ Architects

vietnam-tropical-house-1

Review desain arsitektur dan desain interior rumah bergaya tropis dengan atap daun nipah dan ruang terbuka karya studio arsitek MM++ Architects.

Perforated Brickwork atau ornamen batu bata berlubang – lubang kembali dihadirkan pada desain rumah tropis di Vietnam ini. Ruang tamu di dalam rumah sengaja didesain agar terbuka dan cukup ditutupi atap daun palem. Cara ini adalah konstruksi bangunan rumah dengan metode tradisional yang digunakan untuk memperbaiki  suasana di dalam rumah di Vietnam ini agar lebih sejuk. Fotografer Hiroyuki Oki melalui beberapa foto hasil jepretannya mencoba menggambarkan situasi rumah tropis untuk Anda.

Rumah tropis di pinggiran kota Ho Chi Minh

Rumah tropis yang terletak di pinggiran kota ini dirancang oleh biro arsitek  MM++ Architect untuk sebuah klien yang bertempat tinggal di pinggiran kota Ho Chi Minh. Di kota tersebut, tipologi perumahan yang dominan adalah model rumah neo-Victoria dengan bangunan yang semi-terpisah.

Namun sang klien pemilik rumah ini beranggapan, daripada mengikuti gaya arsitektur impor tersebut, lebih baik mengadopsi pendekatan yang berbasis  metode vernakular yang lebih sesuai dengan kondisi iklim di lingkungan tersebut.

vietnam-tropical-house-2

Desain Arsitektur dan Desain Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 2

vietnam-tropical-house-19

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 3

Rumah tropis yang mengadaptasi desain rumah panggung tradisional Asia Tenggara

Pertimbangan praktis utama untuk diterapkan pada bangunan ini dalah bagaimana untuk menciptakan area outdoor yang luas, bahkan semaksimal mungkin. jumlah ruang luar yang diinginkan. Maka, tercetuslah ide membangun rumah tropis ini. Ide dasar pembangunan rumah tropis ini adalah mengadaptasi desain rumah-rumah panggung tradisional yang umum ditemukan di seluruh negara di Asia Tenggara, termasuk Vietnam. Di rumah ini, lantai dapur dan ruang makan diapit di satu sisi oleh kolom dan dirancang agar benar-benar terbuka serta mengarah langsung ke taman.

vietnam-tropical-house-21

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 4

Sang arsitek, Michael Charruault, mengatakan kalau tanah kapling di kawasan perkotaan di Vietnam amatlah mahal, terutama jika dilihat dari luasnya yang tak seberapa.  Rasio konstruksi umumnya tinggi, sehingga dibutuhkan ide dan kreatif yang besar jika kita tetap ingin membuat hunian tetap nyaman dan bisa menjaga harmoni dengan alam.

vietnam-tropical-house-20

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 5

Sang arsitek lalu menambahkan bahwa hanya tipologi rumah panggunglah yang memungkinkan kita untuk benar – benar merasakan tinggal dekat dengan alam di tengah kondisi lahan yang tak terlalu luas. Rumah panggung juga disebut – sebut memiliki ventilasi yang baik dan bermanfaat karena bisa menyeimbangkan luas lahan di sekitar rumah yang tak terlalu besar.

Adanya koneksi visual  langsung dengan tumbuhan hijau di sekitar rumah tropis

Lantai dasar bangunan sengaja dibuat agak tinggi, di atas taman, pada platform beton rendah dan terbuka di tiga sisi sebagai salah satu metode ventilasi alami serta memungkinkan terjadinya koneksi visual  langsung dengan tumbuhan hijau di sekitar rumah tropis ini.

vietnam-tropical-house-22

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 6

Seperti rumah – rumah di kawasan perkotaan pada umumnya, rumah ini juga memiliki sebuah kolam renang di salah satu ujung ruangan guna membantu untuk mendinginkan udara yang memasuki interior, mengingat kondisi cuaca dan temperatur Ho Chi Minh yang panas karena berada di kawasan tropis. Kolam renang rumah tropis ini juga menerapkan gaya konstruksi vernakular untuk menciptakan area yang teduh untuk bersantai maupun berenang.

vietnam-tropical-house-26

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 7

Teknik tradisional lain layering daun-daun palem di atap

Selain itu, teknik tradisional lain juga diaplikasikan pada rumah tropis ini, yaitu dengan menghadirkan layering daun-daun palem di atap guna mencegah agar sinar matahari tak membuat concrete slab menjadi panas di periode kemarau atau  musim panas.

vietnam-tropical-house-5

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 8

Dinding – dinding tinggi yang berada di sepanjang perbatasan kapling rumah ini sengaja dihadirkan untuk menyediakan tingkat privasi, keamanan dan perlindungan yang lebih, terutama dari paparan sinar matahari langsung. Sementara itu, rolled bamboo screens yang terpasang pada sekitar tepi ruang dapat diturunkan bila diperlukan, untuk menjaga agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah.

vietnam-tropical-house-10

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 9

vietnam-tropical-house-7

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 10

Shutter otomatis juga bisa kita temukan pada rumah tropis ini. Shutter ini ditempatkan antara dapur built-in dan ruang makan dan lounge terbuka, yang dapat digunakan untuk menutup interior ruangan dari pandangan luar, terlebih saat di malam hari.

vietnam-tropical-house-8

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 11

vietnam-tropical-house-9

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 12

Dari jalan masuk, yaitu sebuah daerah sempit yang tertutup di belakang shutter, terdapat sebuah tangga yang naik ke area lounge di atas yang dibuat dengan konsep yang lebih tertutup. Beberapa bukaan juga disisipkan pada ke dinding bata untuk memungkinkan bahwa  angin yang masuk ke dalam rumah sudah tersaring melalui ornamen ini. Adapun batu bata yang dipakai di sini bahan daur ulang, sehingga lebih ramah lingkungan.

Jendela besar untuk menghadirkan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan

Jendela – jendela besar juga dimanfaatkan guna membantu menghadirkan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan dan menampilkan pemandangan kawasan sekitarnya yang asri melalui frame di atas dinding pembatas batas.

vietnam-tropical-house-11

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 13

vietnam-tropical-house-12

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 14

Pada salah satu sisi ruangan ditempatkan jajaran rak – rak buku terbuka yang berdiri di depan tangga, dengan warna merah cerah. Tangga ini langsung menuju ke bagian loteng di rumah tropis ini.

vietnam-tropical-house-23

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 15

vietnam-tropical-house-24

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 16

Adapun loteng dalam rumah ini banyak difungsikan sebagai kamar tidur utama,  yang memiliki jendela-jendela besar yang terlindung dari sinar matahari oleh sreen kayu atau tanaman yang ditanam di balkon luar.

vietnam-tropical-house-13

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 17

vietnam-tropical-house-14

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 18

Aksen modern yang nampak kontras dengan unsur-unsur tradisional di rumah tropis

Kamar mandi pada lantai ini menggabungkan bak mandi yang ditutupi oleh teralis, di mana tanaman memungkinkan untuk tumbuh dengan baik meski diletakkan dalam ruangan.

vietnam-tropical-house-15

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 19

vietnam-tropical-house-16

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Tropis di Vietnam – View 20

Seluruh detail dan ornamen yang dihadirkan pada interior, raw materials, dan detail – detail modern lain, seperti ubin lantai yang terbuat dari semen warna – warni, mampu menghadirkan aksen modern yang nampak kontras dengan unsur-unsur tradisional yang diterapkan dalam konstruksi rumah tropis ini.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Desain Arsitektur Rumah Tropis di Vietnam karya MM++ Architects is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    


Menghias Rumah dan Membuat Dekorasi Ruangan untuk Acara Penyambutan

dekorasi_acara_penyambutan_1

Tips mendekorasi rumah dan jenis hiasan hiasan yang menarik untuk event – event penyambutan pada acara tertentu.

Kita tentu sering melakukan penyambutan pada anggota keluarga yang baru datang setelah pergi jauh seperti anggota keluarga yang pergi haji, menempuh studi di luar negeri, anggota keluarga yang menjalani tugas militer, atau untuk menyambut anggota keluarga yang baru, misalnya kelahiran bayi atau pengantin baru. Agar suasana penyambutan lebih meriah dan hidup, kita perlu mempercantik rumah dan ruangan, salah satunya dengan menambahkan dekorasi dan hiasan unik.

Adapun tema dekorasi ruangan untuk acara penyambutan ini perlu disesuaikan dengan orang yang disambut, apakah itu bayi yang baru lahir, atau anggota keluarga yang pulang dari menjalankan ibadah haji. Apapun itu, setidaknya beberapa jenis hiasan untuk penyambutan ini bisa menjadi alternatif untuk dihadirkan di rumah Anda.

Banner

Banner merupakan hiasan atau dekorasi wajib pada setiap pesta penyambutan di rumah. Banner bisa digunakan untuk menyambut keluarga yang pulang haji, kelahiran bayi, atau pulangnya anggota keluarga dari tugas militer.  Letakkan banner di depan rumah, di pagar, atau di garasi untuk memberikan kejutan pada anggota keluarga tersebut, sekaligus memberitahukan tetangga Anda bahwa ada keluarga yang akan datang ke rumah.

Namun jika Anda menginginkan acara penyambutan yang lebih privat, Anda bisa memasang banner penyambutan di dalam rumah, di atas perapian atau di atas dinding yang menghadap ke pintu masuk, sehingga segera setelah orang yang disambut memasuki ruangan, ia akan segera menyadari keberadaan banner tersebut. Banner ini juga bisa digunakan sebagai backdrop, terutama jika Anda mengadakan pesta penyambutan yang mengundang banyak orang.

Foto

Pajang foto orang yang Anda sambut, dari waktu ke waktu, sehingga orang tersebut akan menjadi tersentuh dan mengingat kembali segala waktu yang sudah terlewat. Untuk memajang foto ini, Anda bisa meletakkan foto dalam pigura , lalu memasangnya di dinding secara acak. Bisa saja Anda memasang beberapa foto yang ditempel di di karton, kemudian pasang pada banner, atau pada dinding yang digunakan sebagai backdrop.

Alternatif lain, Anda bisa memajang foto ini pada sebuah meja khusus yang diletakkan di tengah, agak menempel di dinding, dan buat agar foto tersebut menjadi pusat perhatian dalam ruangan. Selain di meja, Anda bisa meletakkan foto – foto tersebut dalam lemari display kaca.

Di bawah setiap foto, bisa saja Anda menyelipkan tulisan – tulisan, misalnya tentang latar belakang foto tersebut atau kapan foto tersebut diambil. Khusus jika Anda tengah menyambut bayi yang baru lahir, Anda bisa memajang foto – foto ketika si ibu tengah hamil sampai di saat persalinan hingga saat pertama kali si bayi lahir.

Balon

Balon adalah kejutan kecil yang menyenangkan untuk melakukan pesta penyambutan dalam suasana yang santai dan non formal. Anda bisa menggunakan dekorasi balon ini untuk menyambut sepasang pengantin baru, bayi yang baru lahir, atau anggota keluarga yang baru pulang dari menempuh studi jauh. Balon juga bisa membuat nuansa lebih ceria, cocok dihadirkan untuk pesta penyambutan yang besar, yang melibatkan tak hanya anggota keluarga dalam rumah, tapi juga keluarga besar, rekan, bahkan tetangga. Anda bisa menghadirkan balon ini dekat dengan banner dengan cara mengikat ujungnya pada tali banner. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan balon di dekat kumpulan foto orang yang kita sambut.

dekorasi_acara_penyambutan_2

Balon – Aksesoris yang Umum Untuk Acara Penyambutan

Petasan

Petasan merupakan sebuah tradisi yang kerap dihadirkan untuk event penyambutan tertentu, misalnya orang yang pulang dari haji. Petasan menjadi ornamen yang melekat pada budaya tertentu. Misalnya, orang betawi atau Tionghoa kerap menggunakan petasan untuk event – event penyambutan guna memeriahkan suasana. Petasan ini ada yang bunyinya keras dan beruntutan, kembang api, petasan air mancur, dsb. Namun sebelum menyalakan petasan, pastikan lokasi cukup aman dan tidak ada barang – barang yang mudah terbakar di sekitar petasan tersebut.

Pastikan juga Anda mendapatkan izin dari pengurus RT atau RW setempat sebelum menyalakan petasan dalam jumlah banyak. Hal ini guna memastikan bahwa petasan ini tidak akan menganggu warga di sekitar rumah.

Karangan bunga

Karangan bunga adalah hiasan untuk dekorasi penyambutan yang cukup fleksibel untuk dihadirkan dalam momen penyambutan apapun, baik itu untuk menyambut pengantin baru, bayi yang baru lahir, anggota keluarga yang selesai menuntut ilmu, dsb. Karangan bunga yang dipilih haruslah bunga segar, yang disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan aspek komposisi. Anda bisa meletakkan karangan bunga baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Untuk karangan bunga di dalam rumah, Anda bisa menyajikannya dalam pot atau vas – vas kecil. Sementara untuk karangan bunga di depan rumah, Anda bisa memesan karangan bunga berbentuk lingkaran yang dipasang di depan pintu, atau karangan bunga yang disusun dalam papan dan membentuk kata “welcome h”me” atau “selamat datang”. Karangan bunga seperti ini bisa didapat dengan cara memesan pada jasa pembuatan karangan bunga, yang biasa digunakan untuk event – event penting.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Menghias Rumah dan Membuat Dekorasi Ruangan untuk Acara Penyambutan is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    


More Recent Articles



Click here to safely unsubscribe from PT. Architectaria Media Cipta. Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy