Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here are the FeedBlitz email updates for you. Click here to start your FREE subscription



6 Tips Mengecat Dinding Layaknya Profesional and more...

6 Tips Mengecat Dinding Layaknya Profesional

tips-mengecat-interior-rumah-1

Tips desain interior rumah – Berbagai tips untuk mengecat dinding di rumah Anda agar hasil yang didapat terlihat sempurna bagaikan hasil pengecatan yang dilakukan oleh seorang tukang yang profesional.

 

Tentu saja ketika Anda ingin melakukan pengecatan dinding di rumah secara mandiri, Anda menginginkan hasil yang bagus bahkan terlihat sempurna. Sama seperti yang biasa Anda lihat ketika seorang tukang yang profesional mengecat dinding dengan mudahnya dan hasilnya pun sangat menawan. Tentu Anda menginginkan hal yang demikian bukan?

Setiap tukang cat dinding memiliki caranya tersendiri agar hasil yang di kerjakan terlihat sempurna. Untuk itu, kami akan memberikan 6 tips untuk membantu Anda agar pengecatan dinding terlihat sempurna layaknya yang dikerjakan oleh seorang yang profesional.

  1. Bersihkan area ruangan yang ingin Anda cat

Langkah paling awal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan ruangan yang akan Anda cat. Bila Anda mempunyai beragam furniture yang besar dan berat, pindahkan lah sementara ke tengah ruangan dan tutuplah menggunakan kertas koran bekas agar tidak terkena tumpahan cat. Ketika cat dinding mengering, biasanya ada sisa-sisa debu dan cat yang beterbangan sehingga akan sangat lebih baik jika Anda mengosongkan ruangan yang akan di cat.

Pindahkan juga lampu hias, pintu dan perabotan lainnya dengan terlebih dahulu menutupnya dengan plastik agar tidak mudah terkena cat yang nantinya sulit untuk dihilangkan.

  1. Bersihkan permukaan dinding yang ingin Anda cat

Hal ini sangat vital dilakukan karena akan menentukan hasil akhir dari pengecatan yang Anda lakukan. Anda harus membersihkan permukaan tembok agar semua kotoran yang menempel tidak membuat cat terlihat jelek. Bersihkan tembok menggunakan sponge atau busa yang dibasahi yang biasanya digunakan untuk mencuci piring. Hal ini mampu membuat tembok lebih bersih dan hasil akhir pengecatan yang Anda lakukan pun tidak akan terlihat bergelombang.

Untuk membuat permukaan tembok lebih rata dan halus, gosok lah tembok menggunakan kertas amplas. Walaupun langkah-langkah ini cukup meyita banyak waktu, tapi demi menghasilkan hasil pengecatan yang sempurna mengapa tidak?

  1. Pilihlah primer (cat dasar pelapis) secara teliti

Banyak orang berpikir bahwa primer hanyalah cat tipis sebagai cat dasar agar warna terlihat lebih padat. Pemikiran tersebut sebetulnya kurang pas karena primer digunakan sebagai cat dasar yang memang diformulasikan untuk melapisi dinding agar terlihat kokoh dan padat ketika di cat.Untuk itu, pilihlah primer dengan kualitas yang baik. Primer yang berkualitas baik akan menutupi noda pada permukaan tembok dan dapat memberikan hasil yang lebih halus karena formulanya yang memudahkan cat untuk membaur dengan permukaan tembok.

Pakailah primer yang mengandung alkohol dan alkyd  yang biasanya mampu menutup kekurangan tembok dengan sempurna dibandingkan dengan primer latex. Setelah memilih primer dengan kualitas yang baik, segera lakukan pelapisan seluruh permukaan dinding yang ingin Anda cat dengan primer yang baru saja Anda beli.

Langkah selanjutnya adalah memilih cat dinding dengan kualitas super. Jika Anda ingin cat dinding yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda, memilih cat dengan hasil akhir yang mengkilat adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi hasil cat yang terlalu mengkilat membuat ketidak-sempurnaan pada dinding terlihat lebih jelas.

tips-mengecat-interior-rumah-2

Desain Interior Ruang Keluarga dengan Cat Dinding Putih

  1. Pilihlah peralatan pengecatan yang tepat

Tidak hanya jenis cat saja yang menentukan hasil akhir pengecatan, akan tetapi pemilihan peralatan pengecatan juga memberi pengaruh yang sangat penting. Pilihlah kuas dengan kualitas terbaik yang akan menghasilkan hasil pengecatan yang halus dan sempurna. Anda juga membutuhkan alat roll cat untuk menjangkau bagian atas yang biasanya sulit untuk dijangkau dengan kuas biasa. Belilah juga plester penutup cacat pada dinding dan pastikan plester tersebut tidak membuat cat mengelupas ketika dilepas setelah proses pengecatan selesai.

  1. Pakailah pisau dempul ketika memasang plester

Ketika anda ingin menempelkan plester pada permukaan kayu atau tembok, pastikan anda menggunakan pisau dempul khusus yang dirancang agar ketika plester dilepas dari tembok, ia tak akan meninggalkan bekas dan mengelupas cat. Anda harus berhati-hati ketika menggunakan pisau dempul dan pastikan pisau tersebut dapat membuat plester melekat secara sempurna.

  1. Sebelum Anda berpindah ke sisi yang lain, pastikan anda telah selesai dengan dinding yang Anda cat.

Sebagian orang berpikir agar kinerja lebih cepat, mereka biasanya mengecat seluruh pojokan dinding terlebih dahulu dan menunggunya hingga kering. Hal ini ternyata sangat tidak di rekomendasikan. Akan lebih baik jika Anda fokus pada satu bagian terlebih dahulu dengan menunggunya sampai kering barulah Anda diperbolehkan untuk mengecat sisi yang lain. Dengan melakukan metode ini, sapuan yang dihasilkan oleh kuas dan alat roll cat akan membaur secara sempurna sehingga permukaan dinding warnanya terlihat lebih padat dan menutup.

Demikianlah tips mengenai cara mengecat tembok agar menghasilkan hasil akhir yang sempurna layaknya hasil yang dikerjakan oleh seorang yang profesional. Jika anda merasa belum mampu melakukannya, pastikan untuk menemukan berbagai referensi tentang tips mengecat agar Anda yakin dengan kemampuan Anda untuk melakukannya sendiri. Sekarang apakah anda siap mencoba? Semoga berhasil ūüėÄ

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



7 Hal Yang Harus Anda Dihindari Sebelum Merenovasi Rumah

desain-dan-renovasi-rumah-2

Tips desain arsitektur dan renovasi rumahHal-hal yang perlu anda hindari dalam merenovasi rumah sehingga tidak ada hambatan yang berarti yang akan mengganggu kelancaran renovasi rumah impian Anda.

 

Merenovasi rumah bukanlah sesuatu yang mudah karena Anda harus menyiapkan anggaran yang bisa saja membuat tabungan Anda terkuras habis. Untuk itu, sebelum memulai renovasi rumah, Anda harus banyak mencari referensi tentang tips-tips merenovasi rumah sehingga Anda bisa memilih cara terbaik agar proyek yang Anda rencanakan berjalan dengan lancar.

Anda mungkin pernah beberapa kali mendengar beberapa pemilik rumah yang memiliki cerita suram terkait dengan renovasi rumah yang dikerjakan oleh kontraktor yang membawa lari uang mereka tanpa menyelesaikan proyek renovasi rumah mereka terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir karena cerita tersebut tidak akan terjadi pada Anda jika anda mampu mencegah hal-hal yang tak di inginkan dalam renovasi rumah. Berikut ini adalah 7 hal yang harus Anda hindari agar renovasi rumah berjalan lancar.

  1. Membeli material renovasi rumah sendiri

Mungkin Anda berpikir dengan membeli seluruh material sendiri, Anda akan dapat berhemat dengan menemukan material dengan harga yang terjangkau dari pada menyuruh kontraktor untuk melakukannya. Ini merupakan kesalahan yang paling dasar yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin berhemat ketika ingin merenovasi rumah. Anda tetap harus melibatkan kontraktor pengerjaan renovasi rumah Anda, karena mereka biasanya memiliki akses untuk mendapatkan potongan harga dari toko bahan bangunan. Jika Anda tetap memaksakan diri untuk membeli material renovasi rumah sendiri, dikhawatirkan akan terjadi keterlambatan dalam renovasi karena Anda mungkin saja memilih material yang salah yang tidak sesuai dengan standar.

  1. Kurangnya persiapan pada proyek dari awal hingga akhir

Pemilihan warna dinding dan pemilihan jenis lantai harus dipikirkan jauh-jauh hari sebelum Anda memulai renovasi rumah. Dengan memikirkan pemilihan warna dinding dan jenis lantai lebih dini, Anda dapat melakukan estimasi tentang biaya keseluruhan yang harus Anda keluarkan karena Anda akan mendapat harga terbaik jika Anda sudah melakukan survei terlebih dahulu. Kurangnya persiapan untuk melakukan renovasi rumah membuat Anda selalu dalam situasi terburu-buru dalam menentukan pilihan material untuk rumah idaman Anda sehingga hal ini dapat menimbulkan kekecewaan dikemudian hari apabila Anda menemukan adanya cacat pada proses renovasi rumah.

  1. Jangan terlalu memperhatikan setiap detail dari awal proses renovasi

Walaupun persiapan matang lebih dini sangat baik untuk proses renovasi rumah, terlalu detail dalam memilih setiap material tidaklah dianjurkan. Terlalu detail dalam setiap aspek hanya akan membuat Anda bingung karena terlalu banyak hal yang harus Anda pikirkan. Kurangi waktu Anda dalam memilih peralatan dapur maupun perabotan lainnya karena hal ini dapat Anda lakukan setelah renovasi selesai. Untuk itu, Anda hanya perlu memperhatikan detail pada konstruksi bangunan nya saja dibandingkan harus serba sempurna dalam memilih furniture.

desain-dan-renovasi-rumah-1

Shop Drawing yang Dibuat Oleh Arsitek atau Kontraktor Bangunan

  1. Jangan hanya fokus terhadap proyek renovasi rumah tetapi pikirkanlah untuk menemukan kontraktor yang tepat

Pada awalnya, kebanyakan pemilik rumah hanya fokus pada proyek renovasi tanpa memikirkan kontraktor yang tepat untuk menjadi partner dalam merenovasi rumah. Mereka biasanya mencari kontraktor ketika semua konsep yang ada di kepala sudah selesai ditumpahkan dan pada akhirnya mereka akan memilih kontraktor yang menawarkan harga murah untuk menyelesaikan proses renovasi. Hal ini perlu dihindari karena Anda wajib untuk menemukan kontraktor dengan reputasi yang baik yang secara khusus mampu melakukan renovasi rumah dengan sempurna.

  1. Ketiadaan perjanjian hitam diatas putih dengan kontraktor yang akan menangani proyek renovasi rumah Anda

Tanpa adanya kontrak kerja atau perjanjian hitam diatas putih sebelum memulai proyek renovasi rumah, Ketika ada perselisihan antara Anda dengan kontraktor, maka pada akhirnya Anda harus menyelesaikan perselisihan di pengadilan. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan dari segi waktu maupun biaya. Untuk itu, wajib hukumnya melakukan perjanjian kerja sebelum renovasi rumah dilakukan.

  1. Prasangka bahwa anda lebih tau dibandingkan kontraktor yang akan mengerjakan proyek renovasi rumah Anda

Anda mungkin merasa bahwa diri Anda yang tahu segala hal mengenai rumah Anda. Kemudian, dengan sesuka hati Anda membuat konsep sendiri tanpa melakukan konsultasi. Perlu Anda ingat bahwa kontraktor renovasi rumah mempunyai orang-orang yang ahli pada bidangnya dan juga banyak pengalaman mengenai perencanaan rumah. Untuk itu, Anda harus memberikan ruang untuk mereka menuangkan gagasannya dan Anda pun juga dapat memberikan masukan dan ide jika dibutuhkan. Semakin anda memahami kinerja kontraktor yang Anda pilih, semakin Anda akan terkejut dengan kesigapan pengerjaan renovasi rumah yang lebih cepat.

  1. Tetap tinggal dirumah ketika proses renovasi berjalan

Pasti Anda berpikir bahwa tetap tinggal di rumah yang sedang direnovasi akan semakin menghemat budget yang Anda keluarkan akan tetapi hal ini ternyata hal ini salah kaprah.  Kontraktor akan kerepotan jika Anda tetap tinggal dirumah yang sedang di renovasi secara besar-besaran karena mereka harus menata kembali dan membereskan segala hal agar rumah tetap bisa ditempati dan berfungsi secara normal. Hal ini malah akan menambah biaya pengeluaran renovasi rumah Anda karena pengerjaan akan sedikit lebih lama jika Anda tetap tinggal di rumah yang direnovasi. Anda bisa menyewa kamar hotel untuk beberapa waktu. Jika dirasa terlalu berat, carilah sebuah rumah kontrakan atau kost yang bersedia dibayar perbulan.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Ide Menarik untuk Memberikan Kesan Lebih Luas untuk Kamar Mandi Kecil Anda

desain-interior-kamar-mandi-ukuran-kecil-1

Tips desain interior kamar mandi – Beberapa tips dan ide menarik untuk membuat kamar mandi kecil terasa lebih luas dan lega sehingga Anda akan mendapatkan kenyamanan ekstra.

 

 Memiliki kamar mandi yang kecil terkadang membuat Anda merasa kurang nyaman karena ruang gerak Anda ketika berada di kamar mandi merasa dibatasi. Apalagi jika rumah Anda adalah rumah model lama yang biasanya menggunakan kamar mandi yang kecil yang ditujukan untuk menghemat ruangan yang ada. Memperluas ruang kamar mandi sangat riskan apalagi hal itu juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Anda harus mengubah setiap detail kamar mandi seperti konstruksinya, tata letak furniturenya, dan juga sistem pipa yang selama ini digunakan. Untunglah di jaman yang serba modern ini, Anda dapat membuat kamar mandi Anda terasa lebih luas dengan beberapa trik.

Untuk mengubah kamar mandi kecil Anda agar terasa lebih luas dan lega, beberapa perancang interior memberi saran untuk mengubah cat tembok kamar mandi Anda dengan warna-warna yang terlihat lebih segar. Akan tetapi jika anda sesungguhnya hanya memiliki kamar mandi yang kecil, tentu hal yang Anda butuhkan tidak hanya merubah warna tembok menjadi lebih segar. Berikut ini adalah beberapa ide menarik yang dapat Anda tiru agar kamar mandi kecil Anda terlihat lebih luas.

  • Berpikirlah secara praktis

Anda tentu mengerti betul bahwa memiliki kamar mandi yang kecil berarti Anda harus menghemat tempat. Oleh karena itu, hindari penempatan almari yang besar di dalam kamar mandi karena hal itu hanya akan memakan tempat. Anda bisa memasang kabinet kecil yang ditempel di tembok karena hal ini dapat mencegah Anda untuk meletakkan barang-barang di Almari besar yang biasanya ditempatkan di dekat kamar mandi utama. Anda tidak perlu meletakkan barang-barang yang tidak perlu di kamar mandi karena kamar mandi yang terlihat berantakan akan menambah kesan sempit pada ruangan.

  • Jangan mengorbankan desain kamar mandi demi ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan seperti kabinet memang sangat dibutuhkan di kamar mandi. Hanya karena Anda memiliki kamar mandi yang kecil bukan berarti Anda tidak dapat menemukan cara-cara kreatif untuk menyembunyikan barang-barang Anda agar tidak kelihatan tercecer. Hindari pemilihan bak cuci tangan portabel yang biasanya digunakan untuk kamar mandi-kamar mandi kecil karena dirasa mampu menghemat tempat. Akan lebih baik jika Anda memilih furnitur untuk kamar mandi yang mampu memberikan fungsi ganda yaitu yang praktis dan juga indah.

  • Bermainlah dengan pikiran Anda

Jika Anda berpikir secara luas, maka Anda juga akan merasa bahwa kamar mandi Anda terasa lebih luas. Cara terbaik untuk mengelabui pandangan Anda terhadap kamar mandi yang kecil adalah dengan memilih jenis lantai yang tepat. Jika Anda memilih menggunakan lantai keramik, pilihlah lantai keramik yang memiliki bentuk yang besar dengan spesimen garis yang lebih tipis. Dengan begitu, Anda akan merasa bahwa kamar mandi kecil terlihat lebih bersih dan luas.

  • Gunakan shower untuk lebih menghemat tempat

Mungkin anda memiliki bak mandi yang besar yang tentunya amat sangat memakan tempat. Jika Anda ingin memperluas tempat di kamar mandi kecil Anda, gantilah bak mandi dengan memasang shower dengan lubang yang besar agar cipratan air yang dihasilkan dapat membasahi seluruh tubuh Anda ketika mandi.

  • Tempatkan kotak penyimpanan di area yang terabaikan

Biasanya, area di atas toilet sering terabaikan sehingga terlihat kosong tanpa dekorasi. Untuk itu ada cara kreatif yang bisa Anda lakukan. Pasanglah rak handuk tepat diatas kloset sehingga Anda bisa menghemat tempat. Temukan juga area-area lain yang bisa Anda pasangi kotak penyimpanan dan Anda pun akan terkejut betapa banyaknya ruang yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kamar mandi kecil Anda mampu menyimpan lebih banyak barang.

  • Pilihlah peralatan yang lebih kecil

Memilih peralatan yang sengaja didesain untuk kamar mandi yang kecil merupakan keputusan yang paling tepat. Tapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa membeli peralatan yang secara khusus didesain untuk kamar mandi kecil sangat penting. Untuk itu, Anda bisa memulai untuk membeli kloset yang hanya akan menempati beberapa petak lantai saja sehingga kloset tersebut tidak terlalu memakan tempat. Beli juga wastafel dengan ukuran kecil yang pantas ditempatkan di area yang sempit.

  • Pasanglah cermin untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas

Hal ini sangat efektif untuk memberikan kesan luas pada kamar mandi anda karena cermin yang secara pas ditempatkan pada tembok akan merefleksikan bayangan disekitarnya sehingga efek lebih lega pun dapat terlihat. Untuk memberikan kesan yang lebih luas lagi, anda bisa menambahkan pintu kaca dan juga menghilangkan semua tirai yang akhirnya menambah modernitas kamar mandi kecil Anda. Anda bisa membantu kinerja cermin dengan memasang lampu yang terang yang mampu menambah efek dramatis di setiap sudut kecil di kamar mandi Anda.

Demikianlah ide kreatif agar kamar mandi Anda terlihat lebih luas. Jika Anda tidak yakin mampu melakukannya sendiri, mintalah bantuan profesional untuk membuat kamar mandi Anda terlihat lebih indah. Apakah Anda siap untuk merubah kamar mandi kecil Anda sekarang?

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Desain Masjid Singapura oleh Formwekz Architects yang Menampilkan Pola-Pola Geometris Bercorak Islami

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-6

Review desain arsitektur bangunan masjid di Singapura yang menonjolkan pola geometris yang tetap bercorak islami yang didesain oleh studio arsitek Formwekz Architects.

Dewasa ini desain masjid mempunyai model dan gaya yang berbeda-beda. Tidak hanya sebatas desain bangunan yang hanya menampilkan bangunan dan kubahnya saja, masjid sebagai bangunan untuk beribadah juga dapat menampilkan unsur artistik disetiap sisi bangunannya. Mulai dari konsep minimalis hingga modern, dengan adanya perkembangan zaman, bagian interior masjid ditata sedemikian rupa untuk menampilkan hasil karya seni yang indah. Desain interior masjid dengan desain modern banyak ditemukan di daerah perkotaan yang biasanya padat penduduk.

Di Singapura, ada sebuah masjid yang memiliki desain yang menarik dengan menampilkan pola-pola geometris yang biasanya disematkan pada bangunan-bangunan perkantoran. Akan tetapi sebuah studio arsitek bernama Formwekz Architects berhasil memberikan nuansa baru pada bangunan masjid yang bernama Masjid Al-Islah yang terletak di kota Punggol, daerah timur laut Singapura yang memiliki populasi muslim yang padat. Formwekrz Architects didirikan oleh Alan Tay, Berlin Lee dan Seetoh Kum Loon pada tahun 1998. Studio arsitek tersebut telah menangani beberapa proyek seperti desain area rumah beton yang dikelilingi tumbuhan.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-7

Desain Arsitektur Masjid di Singapura – View 2

Area kota Punggol bagian timur laut Singapura pada akhir-akhir ini sedang mengalami pengembangan yang besar dikarenakan adanya relokasi kampus, Institut Teknologi Singapura ke lokasi baru yang terletak di dekat Waterfront Park.  Meskipun memberikan nuansa baru pada bangunan masjid agar tampak lebih geometris, tim Formwekz Architects tetap bertumpu pada gaya islam traditional untuk menciptakan corak yang terlihat rumit pada permukaan masjid.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-3

Desain Arsitektur Masjid di Singapura РView 3

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-4

Desain Arsitektur Masjid di Singapura РView 4

Keterangan singkat mengenai proyek desain masjid di Singapura

Arsitek Utama: Formwerkz Architects

Tim proyek desain: Alan Tay, Seetoh Kum Loon, Iskandar Idris, Stephen Lim, Liu Zheng Hao, April Tan, Makhasiri Khanoei, Livina Rahmayanti, Alicia Lazzonroni, Rafael Aronso, Foo Yuet Yee, Fabian Ong, Tan Shuat Zhen, Qistina, Wang Chen Fong.

Surveryor: Surbana International Consultants.

Masjid yang desainnya dikerjakan oleh tim Formwerkz tersebut terbagi menjadi tiga bagian yang terdiri dari ruang ibadah utama, sebuah ruang pusat studi Islam dan ruang administrasi. Pembagian area ruangan di masjid ini bertujuan untuk memberikan nuansa bangunan yang lebih terlihat domestik jika dipadukan dengan area disekitarnya. Area masjid dihubungkan oleh serangkaian teras yang ditinggikan dan juga berbentuk landskap yang bisa diakses oleh publik sehingga memperlihatkan keterbukaan.

Masjid dengan desain bangunan yang terbuka

Salah satu tim Formwerkz Architects, Alan Tay mengungkapkan bahwa konsep yang diusung untuk membangun masjid ini adalah konsep terbuka yang merefleksikan aspirasi Islam kontemporer di Singapura. Konsep bangunan masjid yang penuh keterbukaan ini sedikit sulit dan menantang bagi tim arsitektur karena letak masjid yang berdekatan dengan area flat disekitarnya. Porositas fisik dari masjid ini memungkinkan adanya koneksi visual ke area sekitarnya dengan memperluas bangunan sampai ke area di luar batas masjid. Namun koneksi visual ini dapat menimbulkan kurangnya rasa sakral dan tenang yang biasanya diharapkan berada di rumah ibadah seperti masjid.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-1

Desain Arsitektur Masjid di Singapura РView 5

Untuk memberikan kesan keterbukaan pada ruangan, terdapat permukaan berbuku-buku yang membentuk tembok dan kubah pada sisi atas ruang ibadah utama. Permukaan yang berbuku-buku tersebut juga berfungsi sebagai ventilasi dan juga mampu menyediakan pencahayaan alami kedalam ruangan sehingga penggunaan lampu pada siang hari dapat diminimalisir.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-11

Desain Arsitektur Masjid di Singapura – View 6

Bangunan masjid Singapura dengan unsur Islam traditional

Masjid ini menggunakan struktur bangunan dengan bahan dasar beton yang ditutupi oleh cat bertekstur seperti pasir. Pada bagian kubah, pintu masuk yang melengkung, dan menara masjid dicat dengan warna abu-abu gelap. Alan Tay selaku pendiri studio Formwerkz Architects selanjutnya menambahkan bahwa pola dasar arabesque pada masjid serta lengkungan yang ada pada bangunan dipengaruhi oleh bentuk bangunan Islam traditional. Lengkungan pada ruang sholat utama dirancang untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-2

Desain Arsitektur Masjid di Singapura РView 7

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-5

Desain Arsitektur Masjid di Singapura РView 8

Selain itu, lengkungan pada bangunan juga berfungsi sebagai penyangga bagian serambi depan masjid. Bangunan masjid seluas 3.700 meter persegi ini mampu menampung sampai dengan 4.500 orang jamaah. Terdapat parkir bawah tanah  pada masjid di Singapura ini, yang di desain dari hasil pelebaran kubah di ruang ibadah utama.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-10

Desain Arsitektur Masjid di Singapura – View 9

Pada ruang ibadah utama terdapat sisi yang terbuka yang memungkinkan para jamaah untuk segera merapat dan saling berdekatan pada puncak waktu ibadah.  Pada area ibadah utama terdapat kanopi besar yang menggantung yang mampu memberikan perlindungan terhadap segala cuaca. Pada hari-hari besar agama, sebagian besar ruangan terkecuali kamar mandi, ruang administrasi dan ruang pelayanan di gunakan untuk beribadah. Sebagian ruangan seperti koridor, kelas, teras atap dan bahkan parkir basement juga dapat digunakan sebagai ruang ibadah.

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-9

Desain Arsitektur Masjid di Singapura – View 10

desain-arsitektur-masjid-di-singapura-8

Desain Arsitektur Masjid di Singapura – View 11

Alan Tay menambahkan bahwa desain masjid di Singapura ini mengusung konsep tanpa batas pada sisi dindingnya. Sehingga ruang ibadah utama secara fisik dan visualnya dapat diakses dari berbagai sisi. Tembok yang tanpa batas tersebut juga mengaburkan perbedaan antara area masjid dan jalan yang ada di sekitarnya.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


Dekorasi Kamar Tidur Romantis yang Akan Mengejutkan Pasangan Anda

desain-interior-kamar-tidur-romantis-1

Tips desain interior kamar tidur – Ide dekorasi kamar tidur romantis yang akan membuat rumah tangga Anda selalu harmonis dan bahagia.

Untuk menjaga keharmonisan dengan pasangan hidup Anda, dibutuhkan sedikit usaha ekstra agar kehidupan berumah tangga selalu terasa menyenangkan. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan adalah dengan mendekorasi kamar tidur agar terlihat lebih romantis. Apalagi menjelang ulang tahun pernikahan, Anda tentu membutuhkan penyegaran dan juga sedikit kejutan untuk pasangan Anda.

Kamar tidur yang terlihat romantis merupakan wujud ekspresi rasa kasih sayang Anda kepada pasangan. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan dekorasi kamar tidur romantis secara teliti sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa Anda ikuti untuk mendekorasi interior kamar tidur agar terlihat lebih romantis.

1. Mulailah dari tempat tidur

Jadikanlah tempat tidur sebagai fokus utama dari kamar tidur Anda. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat kerangka tempat tidur Anda. Apakah kerangkanya pas dengan kamar tidur Anda? Jika Anda masih menggunakan kerangka berbahan dasar logam, saatnya Anda menggantinya demi kenyamanan bersama pasangan Anda. Jika anggaran untuk merenovasi kamar tidur tidak terlalu besar, Anda bisa membeli ranjang bekas di toko-toko antik yang nantinya malah akan menambah unsur artistik kamar tidur Anda.

Setelah itu, Anda bisa memulai langkah berikutnya untuk ‚Äúmendandani‚ÄĚ tempat tidur sesuai dengan yang Anda inginkan. Pilihlah sprei berbahan sutera atau satin yang akan menimbulkan efek mewah bagi tempat tidur Anda. Untuk pemilihan warna yang romantis, Anda bisa memilih warna merah jambu untuk memberikan suasana romantis yang manis atau Anda bisa memilih warna Merah untuk memberikan kesan ruangan yang penuh dengan gairah. Tambahkan banyak bantal-bantal kecil yang terbuat dari berbagai bahan dasar seperti sutera dan velvet yang akan memberikan rasa relaks.

Untuk bantal utama, gantilah bantal lama berukuran standard Anda dengan ukuran bantal gaya eropa yang ukurannya lebih besar. Untuk menambah suasana tempat tidur yang lebih romantis, tambahkan kanopi dengan tudung transparan yang terbuat dari kain tulle yang memiliki motif bunga-bunga tipis.

2. Pasanglah tirai tipis yang mengelilingi tempat tidur Anda bersama pasangan

Anda tidak harus memasang kanopi yang besar untuk menutupi tempat tidur Anda bersama pasangan. Anda bisa memasang tirai tipis disetiap pojokan tempat tidur yang disesuaikan dengan ukuran tempat tidur Anda. Jika Anda tidak memerlukannya ketika tidur, anda bisa mengikatnya agar tirai tidak menjuntai kebawah. Pilihlah warna-warna lembut seperti ungu muda yang sempat menjadi tren pada abad ke 19 atau putih yang melambangkan kemurnian kasih sayang.

3. Tambahkan bunga-bunga dan lilin terapi yang akan memberikan rasa relaks dan sensual

Pasangan Anda akan terkejut ketika memasuki kamar tidur yang terlihat indah dengan dekorasi bunga-bunga dan juga merasa rileks ketika menghirup aroma wangi dari lilin terapi yang tersebar di seluruh ruangan. Sebelum menambahkan dekorasi bunga-bunga dan lilin terapi, mulailah dengan membersihkan permukaan meja disamping tempat tidur Anda yang digunakan untuk menaruh vas bunga dan lilin. Pastikan permukaan meja terbebas dari debu. Tempatkan lilin yang cukup besar di tengah-tengah vas.  Untuk menambahkan kesan yang lebih dramatis, Anda bisa menyebarkan kelopak bunga mawar ke atas ranjang dan lantai.

desain-interior-kamar-tidur-romantis-2

Desain Interior Kamar Tidur dan Aksesoris yang Bernuansa Romantis

4. Tambahkan Aksesori lainnya

Anda dapat menambahkan aksesori yang dapat mendukung dekorasi kamar Anda agar lebih terasa romantis seperti memasang foto pernikahan Anda di tembok. Pasanglah foto tersebut dengan bingkai yang besar dan indah dengan aksen emas untuk menambah kesan mewah. Tambahkan juga sebuah CD player yang bisa Anda gunakan untuk memainkan musik yang syahdu yang akan menambah suasana romantis. Agar pasangan betah berada di kamar lebih lama, Anda bisa menempatkan keranjang kecil yang diisi makanan favorit pasangan Anda.

Untuk menambahkan dekorasi yang lebih menarik, Anda bisa memilih untuk menghias satu sisi tembok, di sisi belakang tempat tidur misalnya. Pasanglah wallpaper dengan motif yang indah yang akan menarik perhatian pasangan Anda. Motif bunga atau motif pohon akan menjadi pilihan terbaik yang sesuai dengan tema romantis.

5. Pilihlah pencahayaan yang mendukung

Pencahayaan kamar tidur Anda akan mempengaruhi suasana yang akan tercipta. Untuk memberikan efek romantis tentu Anda harus pandai dalam memilih jenis pencahayaan yang sesuai dengan tema. Anda bisa memilih lampu dengan pencahayaan sedikit lebih redup pada area tempat tidur. Untuk mempermudah hasil pencahayaan yang lebih indah tanpa khawatir akan membuat ruangan nampak gelap, Anda bisa memilih lampu berwarna yang banyak dijual di toko lampu hias.

Memasang lampu dengan warna-warna yang berbeda dalam satu ruangan memang terasa sangat sulit dilakukan. Namun, dengan sedikit kesabaran Anda bisa menciptakan nuansa cahaya yang indah. Kombinasikan warna oranye dan hijau yang masing-masing menyimbolkan arti tertentu. Warna orange mampu membangkitkan emosi sedangkan hijau melambangkan semangat dan tanggung jawab.

Demikianlah ide dalam mendekorasi kamar agar terlihat romantis. Anda dapat melakukan beberapa modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang Anda pun siap untuk merenovasi kamar tidur Anda. selamat ber-kreativitas!

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


More Recent Articles


You Might Like

Click here to safely unsubscribe from "PT. Architectaria Media Cipta."
Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy