Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here are the FeedBlitz email updates for you. Click here to start your FREE subscription



Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Mendesain Interior Rumah and more...

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Mendesain Interior Rumah

ide-desain-interior-ruangan-1

Tips desain interior rumah – Beberapa kesalahan umum yang umumnya ditemui ketika sang pemilik rumah melakukan desain interior pada rumah mereka.

 

Ketika Anda sedang berjalan-jalan ke toko interior rumah, terkadang Anda hanya tertarik bentuknya yang terlihat bagus kemudian tanpa berpikir panjang, Anda langsung membelinya karena nampaknya dapat digunakan untuk dekorasi interior rumah yang Anda miliki. Tentu saja hal semacam ini tidak selalu benar karena Anda hanya mengikuti keinginan semata tanpa melihat kecocokan untuk desain interior rumah yang tersedia.

Mendesain interior rumah tentu harus dilakukan secara hati-hati karena hal ini akan menunjukan selera pribadi Anda. Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memutuskan untuk mengutak-atik desain interior rumah Anda dengan terlebih dahulu mempelajari tentang hal-hal dasar seperti bagaimana perpaduan warna yang tepat, pencahayaan yang tidak berlebihan, ruangan yang proporsional, dan aksesoris yang sesuai dengan tema rumah.

Pada umumnya, pemilik rumah sering melakukan kesalahan pada proses mendesain interior rumah mereka karena ke-tidak tahu-an mereka mengenai komposisi yang pas untuk interior rumah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam desain interior rumah sehingga Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

  • Skala pada desain interior

Menentukan skala pada ruangan yang akan didesain memang membutuhkan keahlian yang baik dari si pemilik rumah. Kebanyakan pemilik rumah mengabaikan pentingnya skala dalam dekorasi interior sehingga ruangan nampak tidak proporsional dalam hal aksesoris. Beberapa pemilik rumah kadang memasang aksesoris yang berukuran terlalu kecil pada ruangan yang besar yang akhirnya malah membuat ruangan nampak serabutan dan tidak teratur. Lalu terkadang sebagian pemilik rumah ada yang memilih untuk meletakkan item berukuran besar yang memenuhi ruangan sehingga akan mengurangi mobilitas di dalam rumah.

Untuk menghindari kesalahan seperti yang telah disebutkan, Anda harus memilih beberapa item dekorasi interior yang memiliki skala proporsional dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Dengan skala yang proporsional tentunya desain interior rumah Anda akan menyenangkan setiap orang yang memandang.

  • Tidak Meminta dan Saran Dari Orang Lain

Akan sangat sulit bagi orang biasa yang tidak memiliki dasar pengetahuan yang cukup dalam hal desain interior untuk melakukan segalanya sendirian tanpa meminta bantuan dan saran dari orang lain. Jika anggaran dana Anda sangat terbatas dan tidak mampu untuk menyewa jasa seorang desainer interior, Anda bisa bertanya pada anggota keluarga atau teman yang Anda percaya terkait dengan dekorasi interior yang tepat bagi rumah Anda. Anda boleh bertanya dan meminta pendapat mereka tentang penataan furnitur, pemilihan warna ruangan, dan aksesoris yang mampu memperindah interior rumah.

Jika memang Anda kesulitan dalam menemukan ide dan inspirasi desain, Anda dapat mencari referensi dari internet, TV, dan majalah tentang perbaikan rumah. Jika Anda memiliki anggaran dana berlebih, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa desainer interior profesional yang tentu saja kinerjanya tidak perlu diragukan.

  • Menggantung hiasan dinding secara tidak tepat

Hiasan dinding tentu tidak akan pernah absen karena hiasan dinding mampu memberikan dimensi lain bagi desain interior ruangan. Hiasan dinding bisa berwujud apa saja misalnya lukisan artistik yang berharga, gambar hasil karya sendiri ataupun foto keluarga dan foto momen berharga. Tentu saja peletakan hiasan dinding tersebut tidak boleh sembarangan ditempelkan karena tentunya akan mengurangi nilai estetis interior rumah.

Cara terbaik untuk memberikan aksen menarik pada dinding adalah dengan bermain warna, tekstur, dan juga ukuran frame hiasan dinding yang disesuaikan dengan proporsi ruangan.

ide-desain-interior-ruangan-2

Desain Interior Ruang Tamu

  • Ruangan tidak memiliki titik fokus dekorasi

Setiap ruangan membutuhkan titik fokus dalam hal dekorasi agar mata yang memandang langsung tertuju pada titik fokus dekorasi interior. Misalnya saja pada ruang keluarga, titik fokus dekorasi dapat dikonsentrasikan pada letak televisinya yang dikelilingi dengan dekorasi item yang menarik disekitar meja agar pemilik rumah lebih fokus untuk menonton TV. Selain ruang keluarga, ruangan lain mungkin akan sedikit lebih rumit dalam hal dekorasi interior.

Jangan hanya fokus pada perlengkapan ruangan saja, tapi Anda menemukan sebuah titik fokus ruangan kemudian barulah Anda dapat memikirkan hal lain seperti furnitur yang cocok. Misalnya pada ruang tamu, Anda dapat menambahkan sebuah lukisan besar, meja untuk minum kopi, dan sebuah meja permainan untuk Anak.

  • Dekorasi yang tidak menunjukkan kepribadian Anda

Interior rumah haruslah mencerminkan kepribadian Anda. Ketika tamu datang mereka akan secara spontan menilai kepribadian Anda dalam memilih desain interior yang tepat. Pada ruang tamu misalnya, Anda bisa menaruh barang-barang yang Anda suka seperti aksesoris saat Anda traveling. Tidak hanya itu, Anda bisa memilih furnitur yang memiliki warna dan bentuk unik yang akan menarik perhatian tamu yang datang ke rumah.

Demikianlah beberapa kesalahan yang umumnya ditemui terkait dengan desain interior rumah. Dengan mengetahui beberapa kesalahan diatas tentu sekarang Anda sudah memiliki gambaran desain interior yang Anda impikan tanpa takut untuk melakukan kesalahan.

Selamat mencoba dan semoga beruntung :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Ide Desain Interior Kamar Mandi Berukuran Kecil Yang Sedang Menjadi Tren Saat Ini

desain-interior-kamar-mandi-berukuran-kecil-1

Tips desain interior kamar mandi – Berbagai tips dan ide desain interior kamar mandi berukuran kecil yang akhir-akhir ini menjadi trend dan banyak disukai oleh pemilik rumah.

 

Mendekorasi interior sebuah kamar mandi sepertinya merupakan pekerjana mudah yang dapat Anda lakukan kapan saja apalagi jika kamar mandi yang dimiliki tidak terlalu besar. Namun sesungguhnya, kamar mandi berukuran kecil memiliki kesulitan lebih ketika berurusan dengan dekorasi dan style yang tepat. Karena ukuran ruangan yang terbatas, tentunya Anda tidak dapat sembarangan untuk memilih gaya dekorasi.

Untuk itu Anda membutuhkan berbagai pertimbangan matang yang nantinya akan membuat gaya dekorasi kamar mandi menjadi lebih menarik. Berikut ini adalah ide desain untuk memaksimalkan dekorasi kamar mandi berukuran kecil yang tentunya mudah untuk di lakukan.

  1. Pilihlah warna-warna cerah untuk kamar mandi

Ketika memilih warna dinding untuk kamar mandi berukuran kecil, pilihlah cat dinding yang memiliki shade warna cerah. Warna gelap pada kamar mandi berukuran kecil akan membuat ruangan nampak pengap dan sempit sehingga Anda tidak akan merasa nyaman berada di dalamnya. Warna yang lebih cerah akan membuat ruangan kamar mandi yang sebenarnya berukuran kecil akan nampak lebih luas. Pilihlah warna netral yang memiliki karakterstik lembut seperti warna beige, cokelat, krem dan kuning pucat yang akan menambah tampilan yang lebih menarik pada kamar mandi Anda.

Jika kamar mandi kecil Anda memiliki jendela maka cahaya matahari yang masuk akan menambah tampilan ruangan lebih luas lagi. Agar kamar mandi berukuran kecil lebih maksimal tampilannya, Anda dapat mengganti lampu lama dengan lampu yang memiliki cahaya lebih hangat dan lebih natural.

  1. Maksimalkan tampilan kamar mandi dengan tirai

Karena kamar mandi Anda berukuran keci, kemungkinan Anda hanya akan memiliki satu tirai. Jika kamar mandi Anda disertai dengan ruang shower, maka hindari penggunaan tirai yang menutupi ruangan. Karena biasanya ruangan shower menggunakan pintu kaca akan merefleksikan cahaya dan hal ini tentu saja akan membuat tampilan kamar mandi lebih luas dari aslinya.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk memasang pintu kaca, maka Anda dapat mensiasatinya dengan membeli penutup ruang shower dengan tirai transparent. Jika ingin membuat kamar mandi terlihat lebih tinggi, Anda dapat menggantung tirai di dekat langit-langit yang akan menarik perhatian orang yang masuk ke kamar mandi untuk melihat ke arah atas.

  1. Pilihlah toilet yang berbentuk lingkaran

Memilih toilet pada kamar mandi sepertinya merupakan hal yang sepele karna setiap kamar mandi umumnya memiliki bentuk toilet yang sama yaitu toilet memanjang. Jika kamar mandi berukuran kecl dan sempit, amat disarankan untuk memilih toilet yang memiliki bentuk lingkaran karena hal ini dapat membuat kamar mandi terasa lebih luas karena ruang yang dibuthkan tidak terlalu banyak.

JIka kamar mandi berukuran kecil memiliki toilet berbentuk memanjang, maka pergerakan sang pemilik rumah akan sangat terbatas karena jarak pintu dan toilet mungkin saja tidak terlalu banyak.

desain-interior-kamar-mandi-berukuran-kecil-2

Desain Interior dan Furniture Kamar Mandi Berukuran Kecil

  1. Perhatikan letak westafel cuci tangan

Lokasi westafel pada kamar mandi Anda mungkin saja merupakan detail kecil yang harus diperhatikan agar kesulurhan dekorasi kamar mandi terlihat lebih proporsional dan menarik. Namun bagaimana dengan kamar mandi yang berukuran kecil? Letak westafel tentu saja menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena penempatan yang salah akan menyebabkan kamar mandi berukuran kecil Anda terlihat buruk.

Untuk memaksimalkan ruang yang kecil pada kamar mandi, Anda dapat membeli westafel berukuran kecil yang tidak akan memakan tempat. Letakkan westafel tersebut di dekat pojokan kamar mandi agar Anda tetap leluasa bergerak.

  1. Segera atasi masalah yang biasanya di temukan pada kamar mandi berukuran kecil

Salah satu masalah yang banyak ditemui pada kamar mandi adlaah banyaknya barang-barang atau produk yang tak terpakai yang masih berada didalam kamar mandi. Misalnya saja kemasan shampoo dan pasta gigi yang sudah habis dan tidak dibuang kemasannya. Selain itu, tidak tersedianya tempa penyimpanan yang memadai juga menjadi masalah yang biasanya ditemui pada kamar mandi berukuran kecil.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda menyertakan sebuah kotak atau almari kecil yang ditempel pada dinding untuk meletakkan peralatan mandi atau hanya untuk sekedar meletakkan handuk. Jangan simpan barang-barang yang setidaknya tidak berguna pada kamar mandi karena hal ini akan membuat kotak penyimpanan menjadi penuh dan tentunya Anda harus memembuat tempat penyimpanan yang baru lagi.

Pastikan Anda langsung membersihkan dan mengeluarkan barang yang tidak terpakai sehingga kamar mandi berukuran kecil pada rumah Anda akan lebih efektif.

Demikianlah beberapa tips dan ide desain kamar mandi berukuran kecil yang harus Anda ketahui. Dengan membat kamar mandi kecil Anda agar lebih terasa leluasa tentunya Anda dapat bergerak lebih leluasa sehingga semuanya akan lebih efektif.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Desain Rumah Kaca Reflektif Bergaya Industrial Yang Menyatu Dengan Alam

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-2

Review desain arsitektur dan desain interior rumah kaca reflektif yang mampu menampilkan desain rumah unik yang menyatu dengan alam sekitarnya karya studio arsitek Rafael Dinoly Architects.

 

Rumah kaca reflektif ini disebut dengan The Shokan House yang terletak di kota New York yang dikelilingi oleh vegetasi tumbuhan dan kehidupan liar layaknya alam bebas. Rumah ini diselesaikan pada tahun 2015 yang dipercayakan pada sang arsitek bernama Jay Bargman dari studio arsitek Rafael Vinoly Architects.

Konsep yang diterapkan pada rumah ini adalah menampilkan dan mengembangkan ide arsitektural yang kuat, berbeda dan lebih spesifik dengan konteks lokasi yang merepresentasikan alam. Ingin lebih lanjut mengetahui keunikan rumah kaca reflektif ini? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Rumah kaca reflektif dengan gaya in dekorasi industrial

Rumah yang berlokasi di tepi waduk Ashokan ini dikelilingi oleh pepohonan besar seperti pohon oak, fir dan pohon birch. Pepohonan yang seperti hutan tersebut menjadi tempat sembunyi untuk binatang liat seperti elang, rubah dan beruang. Lokasi yang landai memungkinkan rumah yang ada disekitarnya untuk mendapatkan pemandangan panorama yang indah yang memperlihatkan waduk dan pegunungan dari kejauhan.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-1

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 2

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-5

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 3

Rumah kaca reflektif ini berukuran sekitar 6000 meter persegi yang tentu saja terlihat sangat besar. Sang arsitek mencari sebuah cara agar keindahan alam sekitar tidak mendominasi sehingga desain arsitektur rumah ini tetap mengesankan. Metode desain yang digunakan adalah metode pendekatan non tradisional dan lebih menekankan desain industrial.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-3

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 4

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-4

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 5

Detail paling penting yang membuat desain rumah ini menyatu dengan alam adalah desain rumah kaca reflektif yang mampu memantulkan pemandangan alam sekitar. Kaca reflektif tersebut membalut keseluruhan bangunan yang membentuk sisi huruf T yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai bingkai untuk dinding kaca.  Jadi, kaca reflektif pada bangunan rumah ini membuat eksterior rumah menyatu ke dalam lanskap pemandangan alam yang harmonis.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-7

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 6

Lalu bagaimana dengan desain interior rumah ini? desain interior rumah dengan gaya industrial sangat cocok untuk rumah ini. Desain industrial tersebut mampu menawarkan karakter dan daya tarik rumah dengan indah.

Rumah dengan interior yang menawan

Baja, kaca, beton, keramik dan kayu secara harmonis membentuk komposisi yang sempurna di dalam interior rumah. Semua elemen tersebut dibiarkan terlihat tidak dipoles agar dapat meng-ekspos tampilan alaminya dan dapat secara visual menceritakan sejarah rumah beserta keunikannya.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-10

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 7

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-11

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 8

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-16

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 9

Rumah ini memiliki 2 pintu masuk, yang satunya di sebelah timur dan yang satunya lagi di sebelah barat. Pintu masuk di integrasikan atau disatukan dengan fondasi beton yang mengarah ke lantai dasar yang mencakup ruang depan, garasi dan sebuah kamar tidur.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-8

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 10

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-9

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 11

Dari ruang depan, seseorang dapat langsung mengakses ruang tamu, Sebuah ruang yang di bingkai baja dengan pemandangan puncak pohon, mampu menangkap pemandangan pegunungan dari kejauhan. Terdapat dua perapian yang ada didalam rumah ini, satu di ruang depan dan satunya lagi di ruang tamu. Tungku api tersebut mempunyai fungsi untuk membuat ruangan semakin terasa hangat dan menyenangkan.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-6

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 12

Pada bagian garasi, terdapat struktur beton dengan pintu yang besar dan tanpa pilar. Ketika dibuka, pintu garasi tersebut akan menyerupai sebuah jembatan yang ter-ekspose ke sekitarnya.

Material beton mempunyai peran penting dalam desain interior rumah kaca ini. Dengan kombinasi atap berbahan baja bengkok dan permukaan baja stainless, semua elemen tersebut mampu menekankan dekorasi industrial.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-14

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 13

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-15

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 14

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-17

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 15

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-18

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 16

Pada lantai yang paling atas, terdapat ruang makan dan dapur, 2 kamar tidur dan perpustakaan. Ruang tamu rumah ini memiliki ukuran ruang dengan tinggi double yang dapat diakses dari ruang depan.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-12

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 17

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-13

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 18

Tangga yang berfungsi menjadi penghubung antar ruang yang memiliki tampilan industrial yang kuat. Dengan anak tangga yang berlubang dengan tekanan kabel baja stainless yang membentuk susuran tangga.

Rumah dengan kamar tidur utama yang lebih privat

Jendela dua tingkat di kamar tamu mampu menampilkan panorama pemandangan sekitar waduk. Dapur, perpustakaan, dan kamar tidur ditata dalam ruang yang terpisah. Ruang makan rumah ini menyertakan sebuah meja lebar yang dibuat dengan permukaan baja. Ruang makan ini mampu mengakomodasi 14 orang dan ruang makan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi ruang atas.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-19

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 19

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-20

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 20

Dibelakang perpustakaan terdapat kamar tidur yang ternyata hampir saja memiliki ruangan dengan multi fungsi. Kamar tidur ini memiliki tempat tidur Murphy yang desainnya simpel dan fleksibel. Kamar tidur utama terletak di belakang gedung untuk meningkatkan privasi pemilik rumah. Terhubung dengan ruang tidur utama, terdapat teras beton dengan sebuah meja lebar dan bangku untuk duduk.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-21

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 21

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-22

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 22

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-23

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 23

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-24

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 24

Di bawah tempat tidur utama, terdapat kamar untuk tamu yang didekorasi dengan menggunakan elemen netral yang menawarkan suasana dan atmosfer yang menyenangkan. Kamar untuk tamu ini hanya memiliki satu jendela kecil.

desain-rumah-kaca-bergaya-industrial-25

Desain Arsitektur dan Interior Rumah Kaca Bergaya Industrial – View 25

Walaupun desain interior terlihat tida telalu kompleks, namun setiap elemen ada karena terdapat alasan dibelakangnya. Sang arsitek secara detail melakukan penataan dalam peletakan furnitur dan aksesoris yang di desain untuk melengkapi keindahan setiap ruangan.

(image source by: www.homedit.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Menciptakan Rumah yang Efektif Dengan Memperkecil Ukuran Ruangan

desain-interior-ruang-tamu-2

Tips desain interior rumah – Informasi mengenai pentingnya memperkecil ukuran ruangan di rumah agar kegiatan yang dilakukan tetap efektif.

Banyak pemilik rumah yang berpikir bahwa ruangan yang luas akan lebih baik dibandingkan ruangan yang berukuran kecil dan terbatas. Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar karena ukuran ruangan harus menyesuaikan kebutuhan pemilik rumahnya. Untuk itu, langkah awal ketika Anda memutuskan untuk merenovasi rumah adalah dengan menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah Anda membutuhkan ruangan yang besar atau ruangan sederhana yang kecil.

Tren yang akhir-akhir ini berkembang adalah pemilihan rumah yang simple dan praktis yang tetap membuat penghuninya nyaman berada didalam rumah. Jika Anda tertarik untuk mengikuti tren tersebut, berikut ini adalah beberapa informasi menarik tentang memperkecil ukuran ruangan di rumah agar kegiatan lebih efektif.

  1. Manfaat mengecilkan ukuran ruangan

Banyak pasangan muda yang sekarang ini lebih menyukai ruangan yang tidak terlalu besar karena mereka lebih menyukai hal-hal yang praktis dan sederhana. Mungkin juga hal ini sama seperti Anda.  Apalagi jika hobi Anda adalah traveling, tentu saja ketika sampai di rumah Anda tidak mau melihat barang terceceran dan untuk meminimalisir hal tersebut akan lebih baik jika ruangan di rumah yang Anda miliki tidak terlalu luas sehingga Anda dapat merapikannya dengan segera.

Mengecilkan atau merampingkan ukuran ruangan juga sangat tepat bagi Anda yang memiliki anggaran dana terbatas. Ruangan yang kecil dan praktis tentunya tidak membutuhkan banyak dekorasi dan hiasan sehingga Anda dapat menggunakan uang Anda untuk kebutuhan lainnya. Manfaat lain dari ruang yang terbatas adalah Anda lebih memiliki banyak waktu karena ruang yang tersedia tidak terlalu luas sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk membersihkan semuanya. Dengan begini, Anda memiliki waktu untuk beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga Anda.

Dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar Anda juga akan menghemat biaya listrik karena energi yang di konsumsi tentunya lebih sedikit. Selain itu dengan ruangan yang berukuran tidak terlalu besar, Anda akan lebih bahagia dan terhindar dari rasa stress karena tidak  banyak yang harus Anda lakukan layaknya pemilik rumah yang memiliki ruangan besar yang harus mengurus segala sesuatu melebihi kemampuan fisik mereka.

  1. Menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan

Untuk merampingkan ruangan rumah, hal yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan tidak Anda perlukan lagi. Mungkin hal ini terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi ketika Anda mulai merapikan semua benda, rasanya semuanya terlalu sulit untuk disingkirkan. Agar proses menyingkirkan benda tidak membuat Anda merasa frustasi, alangkah lebih baik jika Anda menganalisanya terlebih dahulu. Mulai dari pakaian yang Anda kenakan, periksalah lemari Anda dan pilih pakaian mana saja kah yang sudah tidak Anda pakai.

Anda dapat menyumbangkan pakaian yang tidak Anda gunakan kepada orang-orang yang membutuhkan. Dengan melakukan hal ini, tentu saja Anda tidak perlu membeli lemari tambahan untuk menyimpan tumpukan pakaian.  Hal ini juga berlaku pada sepatu yang sudah tidak Anda gunakan. Di area dapur, Anda dapat menyingkirkan perabotan yang sudah rusak yang biasanya Anda biarkan tergeletak begitu saja.

Setelah itu pindahlah ke beberapa ruang yang ada di rumah Anda. Kamar tamu misalnya, yang biasanya terdapat banyak perabotan besar yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jika Anda ingin lebih bebas bergerak, pilihlah sofa sudut yang biasanya di desain membentuk sudut sehingga bagian tengah ruangan masih dapat digunakan untuk bergerak.

Semua hal tersebut akan terasa lebih mudah jika Anda memiliki gudang yang dapat digunakan untuk menyimpan barang yang tidak digunakan. Dengan menyimpan barang di gudang kemungkinan di waktu yang akan datang Anda tetap bisa memakai barang-barang lama ketika dibutuhkan.

  1. Membuat ruangan se-efisien mungkin

Setelah Anda menyingkirkan barang-barang yang tidak Anda gunakan, kini saatnya bagi Anda untuk membuat ruangan rumah se-efisien mungkin. Jika sebelumnya Anda berpikir bahwa kamar mandi harus berdiri sendiri agar lebih nyaman, hal itu bisa sedikit Anda abaikan jika Anda ingin memiliki ruangan dengan penataan yang lebih efisien. Kamar mandi rumah Anda dapat secara bersamaan difungsikan menjadi tempat mencuci oleh karena itu Anda dapat meletakkan mesin cuci didalamnya.

Selain itu biasanya anggota keluarga Anda pastinya lebih suka menghabiskan waktu di dapur sehabis beraktifitas karena mereka ingin memakan sesuatu untuk menambah energi. Agar lebih efisien, Anda dapat menggabungkan ruang makan dan dapur agar aktifitas di dalam rumah dapat terkendali. Pastikan terdapat ruang yang cukup untuk pergerakan Anda di dapur agar aktifitas memasak tetap terasa nyaman. Pilihlah kabinet dapur menggantung di dinding agar dapur lebih efisien penataan tempatnya.

Demikianlah beberapa cara untuk memperkecil atau merampingkan ruangan rumah agar tetap efisien. Tentunya dengan ruangan yang terbatas waktu yang Anda punya bersama keluarga akan lebih terasa. Apakah Anda siap membuat ruangan di rumah menjadi lebih efisien?

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


Desain dan Dekorasi Interior Kamar Tidur Anak

desain-dan-dekorasi-interior-kamar-tidur-anak-1

Tips desain interior kamar tidur anak – Beberapa tips dan informasi mengenai dekorasi interior kamar anak yang menarik sehingga ruangan nampak lebih indah dilihat.

Banyak pemilik rumah yang tertarik untuk membuat interior kamar anak yang lebih nyaman dan aman tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Tentunya hal tersebut tidak mustahil untuk diwujudkan karena ada banyak cara untuk membuat interior kamar anak menjadi  lebih indah dipandang mata.

Berikut ini ada beberapa tips tentang dekorasi interior yang akan mewujudkan impian Anda untuk membuat dekorasi interior kamar tidur anak menjadi lebih menarik dan sedap dipandang mata.

  1. Memilih gaya dekorasi dan menetapkan budget

Berbagai pilihan gaya dekorasi tentu saja akan membuat Anda bingung. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan budget atau anggaran dana karena dengan begini tentunya pemilihan gaya dekorasi kamar anak akan menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Karena anak-anak akan tumbuh besar, Anda harus memperhatikan dekorasi utama kamar. Pilihlah dekorasi yang fleksibel dan tidak lekang oleh waktu.

Selain itu, pikirkan bagaimana kamar tersebut akan digunakan oleh anak Anda. Pilihlah furnitur seperti tempat tidur, almari, dan juga meja belajar yang awet sehingga Anda tidak perlu menggantinya dalam waktu dekat. Ketika Anda harus memilih warna dan tema kamar anak, pilihlah warna lembut yang Anda sukai. Setelah Anak Anda tumbuh semakin besar, libatkanlah mereka dalam pemilihan gaya dekorasi sehingga mereka lebih nyaman berada dalam kamar dengan ide desain mereka sendiri.

Buatlah dekorasi se-kreatif dan se-menyenangkan mungkin agar kamar tidak terasa membosankan.

  1. Membeli furnitur bekas bukanlah ide yang buruk untuk menghemat budget.

Jika budget Anda tidak terlalu besar dan Anda harus mengganti beberapa furnitur yang sudah tidak layak pakai, membeli furnitur bekas bukanlah sesuatu yang buruk. Anda dapat mencari di pasar barang-barang bekas dan dengan sedikit sentuhan, tentunya furnitur bekas tersebut dapat disulap layaknya furnitur baru.

Cukup dengan men-amplas dan mengecat ulant, tentunya furnitur bekas yang Anda beli bukanlah pilihan yang terlalu buruk. Apalagi jika dekorasi kamar anak Anda bertema klasik, furnitur bekas dengan sentuhan tampilan yang terlihat antik menjadi pilihan yang tepat.

desain-dan-dekorasi-interior-kamar-tidur-anak-2

Desain Interior dan Furniture Untuk Kamar Tidur Anak

  1. Memilih tema dekorasi kamar anak

Memilih sebuah tema dekorasi kamar anak dapat dilakukan sedini mungkin. Anda dapat memilih tema dengan karakter tertentu seperti karakter kartun atau pemandangan alam. Misalnya saja Anda memilih tema alam, Anda dapat menggambar awan dengan pemilihan warna yang menarik seperti warna biru langit dan warna putih. Anda dapat menggambar motif awan dilangit-langit yang akan membuat ruangan lebih hidup. Tema hutan liar juga menjadi favorit para orang tua yang memiliki anak balita.

Dengan tema hutan Anda dapat menggambar pohon pada dinding kamar dengan beberapa binatang dan tentunya hal ini sangat baik untuk mengembangkan imajinasi Anak.  Agar dekorasi kamar tidak spesifik pada gender tertentu, pilihlah warna yang netral dan bisa diterapkan pada kamar anak laki-laki dan anak perempuan. Misalnya warna merah, putih, dan biru yang sangat cocok untuk kamar Anak karena akan memberikan efek yang berbeda-beda. Warna putih dan biru misalnya, dapat memberikan efek menenangkan dan mencerahkan.

Anda juga dapat menambahkan aksen warna kontras yang akan membuat tampilan lebih unik misalnya saja sedikit warna kuning atau hijau pada furnitur atau bagian sisi pojokan dinding. Jika Anda menyukai perpaduan warna pada satu ruangan, dinding mural mungkin menjadi solusi terbaik.

Dinding mural biasanya terdapat tulisan visual yang tidak berbentuk namun unik yang memiliki lebih dari 2 warna. Dekorasi seperti ini cocok untuk kamar remaja yang senang berekspresi melalui seni.

  1. Jangan takut untuk menunjukkan sisi kreatif Anda

Kamar anak merupakan ruangan yang tepat untuk menuangkan kreatifitas Anda. Anda tidak perlu takut untuk menerapkan dekorasi unik dan berbeda pada kamar Anak. Misalnya saja dengan memilih motif wallpaper untuk dinding kamar. Anda dapat memilih motif yang Anda suka contohnya motif bunga atau motif garis yang akan memberikan dimensi lain pada kamar Anak.

Walaupun Anda bebas berkreasi namun prinsip dasar pemilihan warna yang netral harus tetap Anda patuhi. Agar mainan anak tidak tercecer, Anda bisa membeli kotak besar yang dapat disembunyikan dibawah tempat tidur. Jika mainan tidak terlalu banyak, Anda dapat membeli meja belajar yang memiliki banyak laci. Semua akan terasa lebih mudah jika anak Anda sudah mulai dewasa. Tempat penyimpanan dapat Anda pasang pada dinding yang berbentuk kotak menyerupai rak buku.

Demikianlah beberapa tips dekorasi kamar anak yang dapat menjadi suatu inspirasi bagi Anda yang berniat untuk mendekor ulang kamar anak. Hal yang terpenting adalah kreatifitas dan keberanian untuk mewujudkan dekorasi yang menarik. Anda dapat juga berkonsultasi dengan interior desainer untuk hasil yang maksimal.

Tidak usah takut pada biaya yang dikeluarkan karena tentunya dekorasi berkelas membutuhkan biaya.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


More Recent Articles


You Might Like

Click here to safely unsubscribe from "PT. Architectaria Media Cipta."
Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy