Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here are the FeedBlitz email updates for you. Click here to start your FREE subscription



Desain Blok Galeri Putih dengan Fitur Fritted Glass Layaknya Embun Pagi and more...

Desain Blok Galeri Putih dengan Fitur Fritted Glass Layaknya Embun Pagi

white-block-gallery-1

Review desain arsitektur bangunan – Desain blok galeri di kawasan desa Seni di Korea Selatan karya biro arsitek SsD.

 

Jendela pada sebuah desain galeri seni di Korea Selatan ini, atau tepatnya di distrik Paju, terbuat dari fritted glass dengan pola yang membentuk pemandangan interior, dan menciptakan ilusi kabut di sekitar tepi bangunan. Hal ini terekam dengan jelas pada foto – foto hasil bidikan kamera fotografer Chang Kyun Kim.

White Block Gallery, blok galeri dengan mayoritas warna putih di Korea

Bangunan ini adalah sebuah blok galeri dengan mayoritas warna putih, tak ayal, bangunan ini dijuluki sebagai White Block Gallery. Galeri ini dirancang oleh biro/firma arsitektur lokal, SsD. Galeri seni ini merupakan gedung terbesar di desa seni Heyri. Selain White Block Gallery, di desa seni Heyri kita juga akan menemukan kompleks untuk workshop, museum, studio film, toko buku dan kafe. Untuk mencapai desa seni Heyri, kita harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dengan mobil dari ibukota Korea Selatan, Seoul.

white-block-gallery-2

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 2

Desa seni Heyri adalah kombinasi antara sebuah koloni sekaligus atraksi yang memanjakan para wisatawan yang ingin menikmati seni secara mendalam. Desa seni ini  dihuni oleh ratusan seniman, penulis, fotografer, dan desainer. Desa ini adalah rumah bagi Álvaro Siza, Mimesis Museum, serta Paju Book City, yang merupakan sebuah komunitas publishing besar di mana di dalamnya akan ditampilkan bangunan – bangunan karya Stan Allen, arsitek asal New York, dan perusahaan arsitek asal Korea, Unsangdong.

white-block-gallery-8

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 3

white-block-gallery-9

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 4

Di gedung ini, terdapat ruang pameran seluas 1.500 meter persegi dan ruang-ruang kultural yang didedikasikan untuk menampilkan seni kontemporer global dari seluruh dunia. Galeri ini dibagi menjadi tiga volume solid, yang mampu membantu mengurangi atau membatasi tampilan visual seluruh volume dalam gedung, sehingga pengunjung lebih mudah dalam berkeliling dan melihat – lihat benda yang ditampilkan dalam galeri ini. Ketiga volume pada galeri ini juga terhubung dengan permukaan transparan pada masing – masing volume yang membentuk ruang interstisial, di mana terdapat tujuh ruang pameran tambahan.

Berbagai macam proporsi pengaturan ruang galeri seni

Berbagai macam proporsi pengaturan ruang, serta kondisi pencahayaan di masing – masing volume yang sengaja dirancang berbeda-beda, memberikan beberapa kesempatan bagi desainer atau seniman untuk menampilkan patung, lukisan, atau instalasi multimedia secara terpisah.

white-block-gallery-14

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 5

white-block-gallery-16

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 6

white-block-gallery-17

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 7

Sang arsitek mengungkapkan bahwa setiap volume galeri dianggap sebagai sebuah paviliun yang berada di atas lanskap. Setiap volume galeri membentuk ruangan layaknya kotak padat, yang dapat menangkap bayangan pohon – pohon di dekatnya, sementara volume yang transparan merefleksikan lanskap yang jauh.

Pola fritted yang diterapkan pada kaca galeri untuk menyerupai kabut pagi

Sebuah pola fritted yang diterapkan pada kaca menentukan bagian mana dari interior yang bisa terlihat dari luar, termasuk sebuah  fire stair di salah satu sudut ruangan yang memungkinkan akses ke pemandangan di seberang taman. Pola gradien dirancang untuk menyerupai kabut yang ada di luar ruangan.

white-block-gallery-4

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 8

white-block-gallery-5

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 9

Tak hanya itu, pola gradien ini juga membantu mengatur intensitas sinar matahari yang mampu mencapai interior. Pola fritting pada kaca jendela galer ini ini berfokus pada volume figural lain untuk menciptakan area privasi sekaligus area untuk publik.  Bentuk – bentuk pola pada kaca ini tampak menyatu dengan pola yang tercipta dari kabut pagi.

white-block-gallery-6

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 10

Di tengah – tengah galeri kita akan menemukan area melengkung atau kurva, dengan permukaan mengkilap  nan cekung.  Di area tersebut juga terdapat pintu masuk utama. Jendela besar pada fasad di seberangnya memungkinkan kita untuk berdiri di sini, melihat lurus ke depan hingga akan tampak sebuah pemandangan danau dan lahan basah.

Lantai galeri dari kayu gelap, dan langit – langit galeri yang rendah

Lantai galeri ini dipilih dari kayu gelap. Selain itu, langit – langit galeri dirancang agar cukup rendah guna memberikan nuansa yang lebih privat dan intim, yang cukup efektif untuk dihadirkan pada sebuah ruangan di galeri, ketimbang area sirkulasi yang lokasinya tak jauh dari tempat tersebut.

white-block-gallery-16

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 11

white-block-gallery-17

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 12

Pada sebuah void di tengah – tengah galeri ini, terdapat beberapa tangga dan jembatan yang menghubungkan  ke berbagai galeri, serta jendela-jendela besar yang menyediakan akses lebih lanjut ke area luar galeri

white-block-gallery-18

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 13

Serangkaian anak tangga yang luas yang berpotongan dengan jalan kayu memungkinkan area ini untuk digunakan sebagai ruang kuliah atau ruang screening.

white-block-gallery-7

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 14

Area interior ini dianggap sebagai topografi yang secara langsung terhubung dengan desain lanskap. Di galeri ini, kita juga bisa menemukan galeri seni formal yang hadir bersebelahan dengan ruang sosial yang informal.

white-block-gallery-2

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 15

white-block-gallery-3

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 16

white-block-gallery-12

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 17

white-block-gallery-10

Desain Arsitektur Blok Galeri Seni di Korea Selatan – View 18

Pengaturan volume galeri di White Block Gallery yang tak beraturan

Pengaturan volume galeri di White Block Gallery ini dibuat dengan tiga lantai, yang menciptakan di ruang-ruang pameran dengan ketinggian yang berbeda yang terletak di sekitar void. Tak hanya itu, jembatan atau area penghubung antar galeri juga digunakan sebagai galeri yang pengaturannya dibuat iregular atau tidak teratur.

Framework yang mendukung galeri ini terdiri dari kolom – kolom ramping yang diatur di sekitar pinggiran galeri, sehingga mampu meningkatkan visibilitas di sekitarnya dari dalam galeri. Pengaturan galeri semacam ini juga cukup sukses dalam menghilangkan unsur-unsur yang obstruktif di dalam galeri.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Kursi Ergonomis untuk Mengurangi Keluhan pada Punggung

desain-kursi-ergonomis-1

Tips desain interior rumah – Cara memilih kursi yang tepat agar punggung tetap nyaman saat digunakan untuk bersandar.

 

Sering mengalami keluhan sakit punggung? Keluhan ini banyak dirasakan, terutama oleh pekerja kantoran atau mereka yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Keluhan ini bisa diperparah dengan posisi duduk yang salah, serta model dan desain kursi yang salah dan tidak dapat membuat punggung nyaman ketika kita bersandar. Sakit punggung ini bisa dihindari dengan pemilihan kursi yang nyaman dan menopang punggung dengan baik, sehingga kita tidak akan merasa sakit meski duduk di kursi dalam waktu lama.

Kursi yang nyaman untuk punggung haruslah memiliki desain ergonomis dengan sandaran yang empuk dan sesuai kontur tulang punggung, sehingga mempertahankan postur tubuh dan membuat kita tetap tegap, tidak bungkuk. Beberapa jenis kursi yang baik untuk punggung yang bisa digunakan untuk bekerja dan penggunaan sehari – hari adalah sebagai berikut.

The Ergo Mesh Medium Back Task Chair

Kursi ini adalah jenis kursi yang bisa disesuaikan dengan postur dan ukuran tubuh penggunannya. Seluruh bagian pada kursi ini bisa diatur dan dipersonalisasi agar nyaman digunakan. Terdapat pengaturan untuk mengatur seberapa rendah dudukan kursi, seberapa tinggi sandaran kursi, tingkat kemiringan, kelenturan sandaran kursi, ketinggian lengan kursi, dan tingkat sensitivitas swivel atau kili – kili pada kursi. Dudukan kursi ini biasa terbuat dari busa  contoured foam, sementara sandarannya terbuat  dari synthetic mesh. Kursi ini biasanya dijual dengan kisaran $200 dan memiliki garansi 5 tahun.

Herman Miller Mirra

Herman Miller Mirra adalah kursi yang nyaman untuk punggung dan ukurannya bisa disesuaikan secara manual. Herman Miller Mirra dijual dalam dua model, yakni model dasar, di mana ketinggian dan kedalaman kursi bisa disesuaikan, dan jenis Fully Loaded, dengan  dukungan lumbal dan lengan kursi yang bisa disesuaikan. Kedua jenis kursi ini terbuat dari bahan sintetis  Tri-Flex bahan sintetis, dan sandarannya terbuat dari synthetic mesh. Kursi ini dijual dengan kisaran  $650 hingga $850 dan memiliki garansi 12 tahun.

The Office Star Deluxe Ergonomic Chair

The Office Star Deluxe Ergonomic Chair adalah kursi kulit yang nyaman untuk punggung. Dudukannya bisa disesuaikan dengan kenyamanan pemakainya. Tak hanya dudukan, tinggi  kursi, kemiringan tinggi, ketegangan, dan lengan kursi juga bisa diatur sedemikian rupa menyesuaikan posisi dan ukuran tubuh pemakainya. Kursi kerja yang cocok untuk punggung ini dilengkapi dengan garansi 1 tahun untuk dudukannya. Sandaran kursi terbuat dari bahan busa yang dilapisi dengan upholster bahan kulit.

The Steelcase Leap

The Steelcase Leap memiliki dudukan kursi yang bisa digeser ke depan ketika Anda bersandar, sehingga memungkinkan Anda sedikit berbaring di kursi tanpa bergerak menjauh dari meja Anda. Dudukan dan sandaran  kursi terbuat dari busa yang dibentuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda untuk memberikan kenyamanan maksimal. Kursi ini dibanderol dengan harga $850 untuk upholstery dari kain, dan $1.200 untuk kursi dengan upholstery dari kulit. The Steelcase Leap memiliki garansi 3 tahun hingga 5 tahun. Garansi ini biasanya hanya berlaku pada dudukannya, sementara bagian lain dari kursi diberi garansi seumur hidup.

Ergo-Lounger

Berdasarkan hasil tes dari NASA, s kursi ergonomiseperti ErgoLounger menawarkan beberapa posisi rentang gerak tubuh, dan memberikan dukungan dan sandaran tak hanya pada punggung, tapi juga pada  kepala dan leher. Kursi ini memungkinkan peregangan pada tulang belakang kita dengan lembut dan pasif untuk mengurangi tekanan pada saraf dan punggung, sehingga kita tetap merasa nyaman meski duduk dalam jangka waktu lama. Kursi ini umumnya digunakan sebagai kursi di luar, tapi juga dianjurkan untuk digunakan pada pasien pasca operasi.

desain-kursi-ergonomis-2

Desain Interior Kantor dengan Kursi yang Ergonomis

Zero-Gravity Recliners

The Perfect Chair adalah salah satu model Zero-Gravity Recliners. Kursi ini adalah sebuah kursi kulit yang dirancang untuk di letakkan di dalam rumah. Diperlukan penyesuaian di beberapa bagian untuk menyesuaikan bentuk tubuh dan posisi tubuh saat duduk. Model lain dari Zero-Gravity Recliners adalah kursi pijat. Kursi pijat ini mampu memijat leher, punggung dan kaki sambil memberikan aliran udara hangat untuk daerah lumbal. Calf massager rolls yang ada pada kursi ini memberikan rangsangan hangat yang menjalar  dari kaki ke jantung untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Eco Backrest Lounge Chair

The Eco Backrest lounge chair adalah jenis kursi yang tepat untuk punggung bermasalah. Kursi ini dapat disesuaikan untuk enam posisi rentang gerak, dan termasuk  juga sandaran, lengan kursi, dan  bantalan untuk leher dan punggung. Kursi ini adalah kursi santai sehingga membuat orang yang duduk pada kursi ini merasa santai tanpa tegang. Kursi ini juga dilengkapi meja opsional atau TiltSeat. Kursi ini bisa digunakan untuk kursi kerja, dan bisa digunakan sembari duduk di lantai, di atas tempat tidur, atau pada sofa. Kursi ini didesain untuk mengakomodasi kenyamanan pribadi atau untuk bekerja sembari membuat punggung dan perut tetap rileks.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Mempersiapkan Rumah Sebelum Ditinggal Bersilahturahmi

desain-interior-rumah-untuk-menyambut-idul-fitri-1

Tips desain interior rumah – Langkah-langkah untuk meninggalkan rumah dengan rasa aman saat pergi bersilaturahmi.

 

Esok hari kita akan merayakan hari raya Idul Fitri. Sebagian dari kita tentu merayakannya dengan bersilaturahmi mengunjungi keluarga dan sanak saudara, baik yang dekat maupun yang tinggal cukup jauh. Bagi kita yang akan mengunjungi sanak saudara yang berada jauh, bahkan di luar kota, hal ini tentu membuat kita harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Agar rumah tetap aman saat ditinggal bersilaturahmi, perlu dilakukan beberapa langkah pengamanan, sehingga hati dan pikiran kita akan lebih tenang saat meninggalkan rumah. Berikut ini beberapa tips meninggalkan rumah dengan rasa aman.

Langkah ke 1

Informasikan pada tetangga, ketua RT, RW, atau satpam/petugas keamanan setempat kapan Anda akan meninggalkan rumah, serta informasikan juga tanggal yang pasti tentang kepulangan Anda. Dengan begitu, mereka akan memberikan perhatian lebih pada area sekitar rumah Anda selama Anda pergi untuk bersilahturahmi. Juga, mintalah mereka untuk mengawasi aktivitas mencurigakan di sekitar rumah Anda, atau orang asing yang mengintai dan berada di sekitar rumah Anda.

Langkah ke 2

Kunci seluruh pintu, terutama pintu masuk, garasi, serta pagar. Untuk area di dalam rumah, kuncilah pintu hanya pada ruangan yang vital, misalnya kamar tidur dan ruangan di mana terdapat banyak benda berharga. Dalam menyimpan barang berharga ini, letakkan pada kotak yang terkunci rapat. Bila perlu, letakkan pada kotak brankas yang tebal, yang memerlukan nomor sandi untuk membukanya.

Bawa kunci rumah bersama dengan Anda. Selain itu, tinggalkan juga kunci rumah cadangan pada tetangga atau petugas keamanan yang Anda percaya. Berikan nomor kontak Anda pada mereka, sehingga mereka bisa segera menghubungi Anda jika sewaktu – waktu terjadi hal yang buruk pada rumah Anda.

Langkah ke 3

Jika Anda akan pergi lebih dari tiga hari, informasikan pada petugas keamanan atau tetangga Anda untuk menerima dan menyimpan sementara semua surat, barang kiriman, atau surat kabar langganan selama Anda pergi. Dengan begitu, barang – barang tersebut akan lebih aman ketimbang hanya diletakkan begitu saja di teras rumah.

Langkah ke 4.

Atur timer otomatis untuk mengatur waktu nyala lampu di dalam dan di luar rumah. Sehingga, lampu hanya akan menyala saat malam hari, dan akan mati di pagi serta siang hari.

Langkah ke 5

Pastikan seluruh peralatan elektronik dan kelistrikan telah mati sebelum Anda meninggalkan rumah untuk bersilaturahmi. Matikan TV, AC, Kulkas, dan perangkat kelistrikan lain. Bila perlu, cabut kabelnya dari stop kontak. Cara ini ditempuh guna menghindari hubungan arus pendek yang bisa memicu percikan api yang pada akhirnya bisa menyulut kebakaran. Selain itu, dengan mematikan seluruh peralatan listrik, kita bisa menghemat energi lebih banyak.

Tak hanya alat kelistrikan, Anda juga perlu mematikan kompor dan perapian. Bila perlu, cabut selang dan regulator gas untuk menghindari kemungkinan kebocoran gas. Dalam melakukan hal ini, mintalah seseorang yang ahli dan sudah terbiasa melakukannya, sehingga selang dan regulator gas telah dilepaskan dengan benar.

Langkah ke 6

Jika Anda akan pergi lebih dari satu minggu, keluarkan makanan yang Anda di kulkas yang mungkin bisa saja rusak dan membusuk. Tempatkan item yang mudah busuk tersebut di luar kulkas, atau jika perlu gunakan sampai habis, sehingga tidak akan membusuk dan meninggalkan bau saat Anda sampai di rumah.

Langkah ke 7

Jika Anda akan pergi lebih dari satu minggu, sebaiknya suruh seseorang yang Anda kenal untuk menjaga dan membersihkan rumah Anda, terutama menyapu dedaunan kering yang ada di sekitar halaman dan teras rumah, menyiram tanaman, memangkas pohon, dan memotong rumput liar. Dengan begitu, saat Anda pulang ke rumah, taman di rumah Anda masih terjaga dengan baik, dan tanaman serta bunga pun tidak layu. Selain itu, jika Anda memiliki kolam ikan atau aquarium di rumah, mintalah seseorang untuk datang dan memberi makan setiap hari.

Langkah ke 8

Periksa kran dan talang air. Cek apakah kran air sudah tertutup dengan rapat, sehingga menghindari adanya tetesan air atau aliran air yang bisa menyebabkan area di sekitarnya basah hingga banjir. Untuk bak mandi atau talangan air, sebaiknya kosongkan sebelum Anda meninggalkan rumah. Hal ini guna menghindari kebocoran sewaktu – waktu, yang bisa menyebabkan air di dalamnya menjadi terbuang dan habis sia – sia.

Langkah ke 9

Periksa ulang semua bagian di rumah Anda. Buatlah sebuah check list tentang langkah – langkah di atas, dan pastikan Anda tidak melewatkan satu langkah pun.

Langkah ke 10

Jika Anda mempercayakan keamanan rumah Anda pada petugas keamanan atau pada tetangga Anda, pastikan mereka tahu sistem kerja alarm keamanan di rumah Anda. Pastikan juga mereka mengetahui dengan benar ruangan mana saja yang boleh dimasuki, dan ruangan yang tidak boleh dijajaki. Hal ini penting dilakukan guna tetap menjaga privasi di rumah Anda, serta barang berharga di dalamnya.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Inspirasi Dekorasi Eksterior dan Interior Rumah untuk Hari Raya Idul Fitri

desain-interior-rumah-untuk-menyambut-idul-fitri-1

Tips desain interior rumah – Inspirasi desain/dekorasi eksterior dan desain interior rumah untuk menyambut dan merayakan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Hanya dalam hitungan beberapa hari saja, kita akan segera meninggalkan ramadhan tahun ini dan bersiap menyambut hari raya Idul Fitri. Hari raya idul fitri identik dengan tradisi berkumpul dengan sanak saudara.

Untuk itu, penting untuk membuat rumah terasa lebih luas dan lapang. Caranya dengan membersihkannya secara menyeluruh dan memanfaatkan setiap sudut rumah dengan baik. Berikut ini inspirasi dekorasi rumah untuk hari raya yang bisa diterapkan untuk menyambut Idul Fitri tahun ini.

Dekorasi interior rumah untuk menyambut hari raya

Di dalam rumah, kita bisa menghadirkan dekorasi lebaran untuk menyemarakkan acara kumpul keluarga. Dekorasi yang dipilih tak harus mewah atau mahal, Anda bisa menghadirkan hiasan dinding atau hiasan dari kerajinan tangan. Anda juga bisa membuat dekorasi dari benda – benda yang fungsional, misalnya membuat figur angsa dari beberapa lembar tissu yang digulung, membuat bentuk buah dari kumpulan air mineral, atau membuat figur tertentu dengan mengatur peralatan makan.

Anda bisa juga membuat hiasan gantung yang digantung di pintu depan. Anda bisa membuat hiasan ketupat dari pita warna hijau yang dianyam sehingga menyerupai bentuk ketupat, atau dari karton yang digambar dan dipotong bentuk bulan dan bintang, lalu digantung di langit – langit.

  • Pemilihan karpet dan tikar

Beberapa negara islam dikenal dengan kekayaan desain karpet dan tikar yang tak tertandingi, salah satunya adalah karpet asal Turki. Kita bisa menghadirkan karpet Turki dengan ornamen islam untuk ditempatkan pada ruang tamu atau ruang keluarga. Pilih warna karpet yang sedikit gelap, misalnya merah marun, biru tua, atau hijau tua, sehingga kotoran tidak mudah terlihat. Tapi jika Anda menghendaki karpet dengan nuansa mewah, disarankan memilih karpet warna emas, atau karpet gelap dengan sulaman benang warna emas.

  • Karangan bunga

Karangan bunga atau floral bouquets adalah cara paling sederhana namun tetap elegan dan efektif dalam menghadirkan sentuhan warna dan meningkatkan aroma di rumah Anda. Letakkan karangan bunga di masing – masing sudut strategis dalam rumah. Untuk menonjolkan kesan suci nan fitri, usahakan pilih bunga yang masih segar, dengan warna putih, seperti bunga lili, mawar putih, atau bunga chrisant warna putih.  Karangan bunga ini juga bisa ditempatkan di dekat pintu masuk agar tamu lebih terkesan.

  • Barang – barang tembikar / gerabah Maroko

Benda pecah belah khas Maroko, yang kebanyakan terbuat dari kaca, bisa menjadi salah satu dekorasi interior artistik di hari raya. Benda pecah belah ini kental akan desainnya yang artistik, penuh dengan unsur tatahan, dan warna yang cerah. Bukan mustahil, benda pecah belah ini dapat menciptakan kesan mewah dalam rumah. Benda pecah ini tak hanya sebagai ornamen dekorasi saja, tapi juga bisa berfungsi sebagai vas bunga, tempat menyimpan peralatan makan, sebagai tempat pewangi ruangan, sebagai asbak untuk puntung rokok, dan sebagainya.

  • Lilin dan pencahayaan

Dekorasi hari raya tak lengkap tanpa lilin atau pencahayaan yang tepat untuk hari raya. Pencahayaan yang dihadirkan haruslah kreatif. Juga, selain menghadirkan pencahayaan utama pada langit – langit (ambient lighting), sebaiknya kita juga menghadirkan beberapa spot lights di sudut – sudut yang digunakan untuk berkumpul. Bahkan agar terlihat lebih menarik, tambahkan lilin, terutama pada ruang keluarga dan ruang makan. Dengan begitu akan tercipta sebuah ruang makan yang elegan di hari raya.

  • Hiasan dinding islami

Karya seni islami juga bisa digunakan untuk melengkapi dekorasi rumah untuk hari raya. Karya seni tersebut meliputi kaligrafi, lukisan islami, atau wallpaper dengan pola geometri khas timur tengah. Kita juga bisa menghadirkan jam dinding islami, atau kaligrafi berupa potongan ayat atau surat yang dibingkai kemudian dijadikan bahan pajangan di ruang tamu. Bisa juga kita memilih kaligrafi berupa doa – doa harian.

desain-interior-rumah-untuk-menyambut-idul-fitri-2

Desain Interior Ruangan Untuk Menyambut Idul Fitri

  • Peralatan makan nan mewah

Tak bisa dipungkiri, idul fitri erat kaitannya dengan kegiatan makan besar dengan menu yang lezat dan mungkin hanya bisa dijumpai pada momen ini. Menu – menu spesial yang disajikan tak jauh dari nuansa lemak dan santan, seperti rendang, opor, gulai, ketupat, dan sebagainya. Untuk sajian yang istimewa, dibutuhkan peralatan makan yang menunjang. Maka, ini saatnya mengeluarkan koleksi peralatan makan mewah milik Anda yang selama ini hanya mendekam di dalam kabinet dapur.

Peralatan makan tersebut biasanya terbuat dari keramik mahal atau bahan stainless steel, meliputi piring, mangkuk, sendok, garpu, teko, cangkir, tempat sayur, tempat nasi, dsb. Dengan peralatan makan yang mewah, niscaya kegiatan makan bersama pun akan terasa lebih berkesan.

Dekorasi eksterior saat hari raya

Pertama, bersihkan terlebih dahulu seluruh sudut eksterior. Hindari sampah dan daun kering yang berceceran. Potong rumput dan pohon yang sudah tumbuh lebat, dan hilangkan tanaman liar serta ranting – ranting yang sudah mati. Dengan begitu, tampilan eksterior rumah akan lebih segar untuk menyambut hari raya.

  • Furnitur outdoor

Letakkan beberapa furnitur outdoor. Ketimbang menghadirkan meja dan sofa outdoor, lebih baik hadirkan meja dengan bangku yang panjang yang diatur saling berhadapan. Dengan begitu, area outdoor ini bisa dimanfaatkan sebagai area berkumpul sembari menikmati makanan oleh seluruh anggota keluarga.

  • Lampu outdoor

Tambahkan beberapa lampu taman agar area outdoor ini bisa digunakan untuk berkumpul di malam hari. Sediakan panggangan dan perapian bila Anda ingin menyelenggarakan pesta BBQ.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


Tempat Tidur Tambahan Untuk Keluarga Saat Libur Lebaran

desain-tempat-tidur-tambahan-1

Tips desain interior rumah – Memanfaatkan kasur serta ruangan di rumah yang bisa difungsikan sebagai tempat tidur darurat saat lebaran.

Momen lebaran selalu identik dengan tradisi mudik. Biasanya, orang – orang dari perantauan akan pulang ke daerah asalnya masing – masing. Tapi bagi Anda, terutama yang tinggal di kota kecil atau di pedesaan, tak jarang menjadi sasaran tujuan mudik, dan karena itu, segala hal perlu disiapkan dalam menyambut tamu atau keluarga yang datang dari jauh ini.

Jika keluarga yang datang adalah keluarga dengan jumlah anggota yang besar, diperlukan ruang tambahan terutama untuk tempat tidur seluruh anggota keluarga. Sayangnya, tidak banyak rumah yang didesain untuk menyambut tamu dalam jumlah yang besar. Untuk mensiasatinya, kita bisa memanfaatkan ruang – ruang di bawah ini sebagai tempat tidur ‘darurat’.

1. Ruang keluarga

Ruang keluarga adalah ruangan di mana seluruh anggota keluarga berkumpul dan beraktifitas. Karena didesain sebagai ruang publik, ukuran ruangan ini juga cukup luas. Kita bisa memanfaatkan ruang keluarga sebagai ruang tidur alternatif saat lebaran. Caranya dengan meletakkan seluruh furnitur, terutama yang berukuran besar, untuk merapat ke dinding, dan menyisakan area yang luas di tengah – tengahnya. Kemudian, letakkan kasur, matras, atau karpet yang cukup tebal dengan ukuran yang luas agar dapat dijadikan tempat tidur untuk beberapa orang. Sebaiknya pilih jenis kasur atau matras yang fleksibel, bisa disimpan kembali saat tidak dibutuhkan. Siapkan matras tersebut hanya pada saat malam hari, sehingga di siang hari, ruang keluarga bisa difungsikan untuk kegiatan seperti biasa.

Mengingat ruang keluarga adalah ruang publik, gunakan ruang keluarga ini hanya sebagai tempat tidur, sementara tas dan barang berharga milik tamu sebaiknya diletakkan di ruangan khusus yang terkunci, agar barang – barang milik tamu lebih aman.

2. Ruang baca / ruang belajar

Ruang baca atau ruang belajar bisa juga dimanfaatkan sebagai ruangan alternatif untuk tidur saat lebaran. Cara penataannya hampir sama dengan yang ada di ruang keluarga. Namun, biasanya ruang baca atau ruang belajar ukurannya tidak terlalu luas, sehingga jika memungkinkan, kita bisa memindahkan furnitur yang ada di dalamnya ke ruangan lain, agar menyisakan area lapang yang luas yang bisa mengakomodasi lebih banyak tamu. Rak buku sebaiknya digeser merapat ke dinding, berlawanan dengan posisi matras untuk tempat tidur. Usahakan ada jarak antara matras dengan rak buku, untuk menghindari kemungkinan rak buku roboh akibat tersenggol saat tamu tengah tidur.

3. Kamar bermain anak

Kamar bermain anak bisa juga dimanfaatkan untuk tempat tidur sementara. Namun, kita perlu mengeluarkan seluruh mainan di dalamnya agar kita lebih mudah dalam menempatkan tempat tidur. Jika Anda tak ingin repot dalam mengeluarkan mainan anak, Anda cukup menaruh mainan di sudut ruangan, sehingga menyisakan ruang yang cukup luas di tengah – tengahnya.

desain-tempat-tidur-tambahan-2

Desain Tempat Tidur dan Kasur Tambahan Dirumah

Jenis – jenis tempat tidur alternatif untuk tamu lebaran

Jika jumlah anggota keluarga yang datang cukup besar, maka tidur di lantai adalah solusi yang tepat. Namun, tentunya dibutuhkan alas atau tempat tidur yang layak agar anggota keluarga bisa istirahat dengan nyaman meski tidur di lantai. Tempat tidur alternatif di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi.

Karpet

Karpet dengan ukurannya yang luas bisa menutupi seluruh lantai dalam sebuah ruangan, sehingga menyediakan ruang tidur untuk tamu. Namun, tidur di lantai yang hanya beralaskan karpet sangat tidak dianjurkan, karena karpet tidak cukup tebal dan tidak empuk untuk digunakan sebagai alas tidur. Diperlukan tambahan alas tidur lain agar tamu bisa tetap merasa nyaman, meski tidur di lantai.

Kasur lipat

Kasur lipat mudah dijumpai di mall – mall dan dijual dengan harga yang relatih murah, yakni hanya di kisaran ratusan ribu. Kasur lipat juga tersedia dalam berbagai ukuran, bisa mengakomodasi 2 orang,atau ada juga yang dapat mengakomodasi 4 orang sekaligus. Namun, kasur lipat ini biasanya tidak terlalu tebal, tidak menggunakan per, dan hanya menggunakan busa, sehingga kurang empuk saat digunakan untuk tidur.

Kasur udara

Kasur udara adalah tempat tidur alternatif yang dapat diandalkan sebagai tempat tidur alternatif. Kasur ini berbahan semacam karet, yang akan melembung saat diisi dengan udara. Ketika tidak digunakan, udara di dalam kasur dapat dikeluarkan, sehingga kasur ini akan kembali kempes ke bentuk semula, dan bisa dilipat serta disimpan dalam lemari. Kasur udara banyak dijual di pusat perbelanjaan dengan harga yang variatif. Kasur ini cukup nyaman digunakan, karena memiliki permukaan yang didesain agar sesuai kontur tubuh dan tetap memberikan.

Kasur udara bisa langsung digunakan tanpa sprei dan selimut. Tapi tidur di kasur udara ini akan memberi efek dingin. Untuk itu, Anda bisa memasang sprei pada kasur udara ini agar lebih hangat dan nyaman saat digunakan untuk tidur.  Anda juga bisa memasukkan selimut di sela – sela kasur dan spreinya. Kasur udara kebanyakan didesain dengan ukuran yang besar, sehingga bisa digunakan sebagai tempat tidur alternatif untuk 3 hingga 4 orang sekaligus.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


More Recent Articles


You Might Like

Click here to safely unsubscribe from PT. Architectaria Media Cipta. Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy