Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here are the FeedBlitz email updates for you. Click here to start your FREE subscription



Bagaimana Membersihkan Dapur Setelah Digunakan Untuk Memasak and more...

Bagaimana Membersihkan Dapur Setelah Digunakan Untuk Memasak

membersihkan-dapur-1

Tips desain interior rumah – Membersihkan dapur setelah digunakan untuk memasak, serta bahan dan cara yang benar untuk mengatasi ‘kebakaran kecil’ di dapur.

 

Kebakaran kecil bisa terjadi di dapur karena kesalahan saat memasak, yang mengakibatkan kobaran api yang cukup besar, biasanya akibat tumpahan minyak atau alat masak yang rusak. Kebakaran kecil ini mungkin dapat dengan cepat di atasi, yakni dengan mematikan kompor dengan cepat, lalu melemparkan lap basah di atas permukaanya. Kebakaran kecil  ini meninggalkan jelaga, bau busuk, dan sisa – sisa atau residu kebakaran dapur yang tak sedap dipandang.

Sisa – sisa kebakaran pada dapur ini biasanya melekat pada permukaan meja dapur, langit-langit, dinding dan lantai dapur. Untuk mengatasinya, diperlukan produk pembersih yang tepat. Berikut ini bahan dan cara yang benar untuk mengatasi kebakaran kecil di dapur.

Alat dan bahan untuk membersihkan dapur paska kebakaran

  • Kipas angin
  • Keranjang
  • Sendok dan cangkir untuk menakar
  • Tri-sodium phosphate (TSP)
  • Chlorine bleach atau pembersih serba guna
  • Sarung tangan karet
  • Spons cuci piring
  • Sabun cuci piring cair
  • Kain lap/ tissue
  • Cuka
  • Garam meja
  • Mangkuk kecil

Membersihkan dapur seketika setelah menggunakan Foam Extinguisher

Foam extinguisher adalah alat pemadam api yang berupa tabung dengan gas atau foam di dalamnya, yang berfungsi untuk memadamkan api. Seketika paska foam extinguisher disemprotkan ke bagian yang terbakar, biasanya akan terdapat sisa – sisa foam extinguisher. Untuk membersihkan sisa – sisa ini, terlebih dahulu bekali diri Anda dengan peralatan untuk menjaga keamanan. Kenakan kacamata, masker wajah dan sarung tangan. Bukalah jendela, lalu nyalakan kipas angin. Kumpulkan sisa – sisa foam ini dengan kain tissue atau kertas tebal, lalu buang.

Cobalah untuk menghilangkan busa dari dapur sebanyak mungkin. Gunakan bantuan spatula atau sendok untuk mengangkut sisa – sisa foam ini. Jika masih terdapat sisa – sisa residu, bersihkan dengan tissu atau kain basah. Yang pasti, buang semua peralatan yang digunakan untuk membersihkan foam sisa fire extinguisher ini. Masukkan ke dalam tempat sampah tertutup, lalu buang jauh – jauh.

Membersihkan dapur yang terbakar setelah menghilangkan foam extinguisher

Langkah Pertama:

Buka ventilasi rumah Anda selebar mungkin. Buka pintu dan jendela, dan aktifkan kipas angin untuk membuat udara di dalam dapur terus bergerak dan asap yang terkumpul di dalam dapur paska kebakaran bisa didorong keluar. dan bau luar.

Langkah Kedua:

Bersihkan bagian bawah lemari, peralatan, dan permukaan keras lainnya dengan kain basah yang dicelupkan ke dalam cuka untuk menghilangkan bau asap atau bau khas benda terbakar. Proses ini mungkin perlu diulang beberapa kali hingga  bau asap sepenuhnya hilang.

Langkah Ketiga:

Kenakan sarung tangan karet. Isi ember dengan satu galon air hangat. Tambahkan 4-6 sendok makan trisodium phosphate (TSP) dan satu cangkir bleach, lalu aduk.

Langkah Keempat:

Celupkan kain ke dalam larutan pembersih atau TSP, dan gunakan untuk menggosok jelaga dan noda bekas asap dari dinding, furniture, dan langit-langit. Ulangi langkah ini hingga seluruh noda bisa terhapus.

Langkah Kelima:

Celupkan kain kedua dengan air bersih dan usap bagian bawah setiap permukaan yang telah Anda dibersihkan dengan TSP atau bleach untuk menghapus semua jejak bahan kimia. Keringkan permukaan dengan lap yang kering.

desain-dapur-yang-modern-dan-bersih

Desain Interior Dapur yang Modern dan Bersih

Membersihkan peralatan masak paska kebakaran

Tak hanya dapur, peralatan masak yang terbakat juga wajib dibersihkan paska kebakaran. Apabila peralatan tersebut masih layak untuk digunakan kembali, lakukan pembersihan secara tepat. Namun jika peralatan tersebut benar – benar sudah rusak dan tak bisa dipakai kembali, mungkin Anda perlu menyingkirkannya atau jika memungkinkan, mendaur ulang peralatan masak tersebut.

 Langkah Pertama:

Cuci panci dan wajan yang terkena percikan api menggunakan air sabun dengan suhu tinggi untuk menghapus sebagian jelaga dan puing-puing.

Langkah Kedua:

Gosok permukaan panci dengan scrubber plastik untuk menghilangkan lemak yang sulit dihilangkan dan melekat erat pada peralatan memasak. Atau, gunakan scrubber dengan bahan khusus, misalnya  steel wool atau bahan lain yang direkomendasikan oleh produsen peralatan masak tersebut.

Langkah Ketiga:

Untuk membuat permukaan panci dan wajan kembali mengkilap, gunakan bubuk pembersih yang halus setelah peralatan masak tersebut selesai dicuci. Bubuk pembersih ini biasa digunakan pada  bartender atau restoran. Produk ini mampu menghilangkan noda sekaligus mengembalikan kilau permukaan alat masak  tanpa merusak atau menggores permukaan logam alat masak.

Saran dan Peringatan:

  • Jika permukaan dinding dapur yang kebakaran menggunakan wallpaper, jangan usap permukaan wallpaper ini saat basah, karena hal ini akan membuat wallpaper mengelupas. Jika terlihat bahwa ada sedikit bagian wallpaper yang tersingkap atau terkelupas, gunakan lem untuk merekatkannya kembali pada dinding. Kemudian, lakukan pembersihan. Lakukan pembersihan dari bagian dasar sampai bagian atas dengan perlahan.
  • Jangan campurkan bleach dengan produk – produk pembersih berbahan amonia karena hal ini akan menyebabkan uap atau asap yang beracun.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Bagaimana Membersihkan Dapur Setelah Digunakan Untuk Memasak is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Tiga Macam Jenis Arsitektur Masjid

desain-arsitektur-masjid-1

Tips desain arsitektur bangunan masjid – Beragam model arsitektur masjid mulai dari jaman dahulu hingga di era sekarang.

 

Sejak abad ke-7, Masjid telah banyak dibangun di seluruh dunia. Meskipun ada beberapa jenis arsitektur masjid, nampaknya tiga bentuk dasar ini menjadi acuan dasar arsitektur masjid hingga sekarang. Masih dalam suasana ramadhan, kali ini kita akan diajak mengenal lebih dekat tentang arsitektur masjid.

1. Masjid Hypostyle

Tempat ibadah bagi umat Islam, terinspirasi oleh arsitektur kediaman Nabi Muhammad dan dinamai masjid hypostyle. Jenis ini tersebar luas ke seluruh negara Islam. Masjid besar Kairouan, Tunisia, adalah contoh masjid tipikal hypostyle. Masjid ini dibangun pada abad kesembilan oleh penguasa Dinasti Aghlabid. Masjid ini adalah masjid batu besar, berbentuk persegi panjang dengan aula yang dibuat hypostyle (didukung oleh kolom-kolom) serta inner  courtyard. Masjid ini dilengkapi menara bertingkat tiga dan dikenal sebagai menara lonceng Suriah. Menara ini mungkin awalnya didasarkan pada bentuk mercusuar Romawi kuno. Interior Masjid memiliki banyak kolom – kolom yang menjadikannya kental nuansa hypostyle.

Masjid tersebut dibangun di bekas Bizantium, dan arsitek menggunakan kembali material dari bangunan lama untuk mendirikan masjid ini, misalnya penggunaan spolia.  Di sebelah kanan sisi mihrab Masjid, terdapat maqsura, area khusus yang disediakan untuk penguasa yang bisa ditemui di beberapa. Selain maqsura, terdapat juga mimbar bagi cendekiawan, biasanya digunakan untuk ceramah atau penyebaran ilmu agama.  Baik maqsura maupun mimbar diukir dari kayu jati yang diimpor dari Asia Tenggara.

Gaya desain arsitektur masjid hypostyle banyak diaplikasikan hingga abad ke dua belas, sebelum diperkenalkannya desain masjid empat iwan. Namun, keberadaan kolom – kolom yang kental akan nuansa hypostyle masih tetap dipertahankan dan digunakan untuk memberi kesan masjid nan agung, calah satu contoh yang paling terkenal adalah Masjid Kordoba, yang menggunakan lengkungan  dua warna dan dua deretan  untuk menekankan efek optik aula yang menakjubkan.

2. Masjid Empat Iwan

Iwan adalah ruang berkubah yang terbuka di satu sisi guna berfungsi sebagai halaman. Iwan merupakan elemen arsitektur masji yang dikembangkan di Iran yang khusus melambangkan arsitektur monumental dan imperial, sehingga membuat masjid jenis ini kental akan arsitektur Persia. Masjid besar Isfahan merupakan contoh masjid yang sebelumnya menerapkan desain arsitektur hypostyle, lalu diubah menjadi masjid dengan empat iwan.

Seperti sebuah masjid hypostyle yang lain, tata letak diatur di sekitar halaman terbuka yang luas. Namun, di dalam masjid empat-iwan, setiap dinding halaman diselingi dengan ruang berkubah yang monumental,  atau disebut iwan. Iwan dirancang agar menghadap kiblat, dan merupakan elemen terbesar dalam masjid dan didekorasi secara lengkap. Di sini, terdapat dua buah menara masjid yang mengapit iwan.

desain-arsitektur-masjid-2

Desain Arsitektur Bangunan Masjid di Kosovo

3. Mesjid Terpusat

Masjid dengan tata letak terpusat merupakan masjid yang banyak didirikan di bawah Kekaisaran Ottoman. Dalam merancang masjid terpusat ini, para arsitek Ottoman yang sangat dipengaruhi oleh desain arsitektur Hagia Sophia di Istanbul, yang merupakan gereja terbesar di Bizantium dan salah satu bangunan yang memiliki sebuah kubah monumental yang terletak di tengah – tengah bangunan pusat. Model masjid inilah yang merupakan model masjid yang banyak diterapkan di Indonesia. Adapun masjid yang dianggap karya terbesar dari aksitektur Ottoman adalah Masjid Selim II, di Edirne, Turki. Di masjid Selim, desain yang diadaptasi telah disempurnakan dan jauh lebih sederhana, di mana interiornya berbentuk segi delapan. Keselarasan di dalam masjid ini diciptakan melalui lubang kecil dan lengkungan besar yang dibingkai oleh voussoirs joggled, yang mampu membawa cahaya dan warna ke dalam ruangan yang cukup besar.

Ketiga jenis masjid di atas adalah jenis masjid yang paling umum, dan paling signifikan dalam sejarah Islam. Meskipun ketiganya memiliki fitur yang umum, seperti mihrab dan menara, setiap orang akan mudah mengenali bahwa masing – masing jenis desain masjid memiliki fitur unik.

Masjid di Berbagai Belahan Dunia

Di beberapa negara di dunia, tak jarang kita melihat masjid dengan sentuhan regional, terutama masjid – masjid yang didirikan di negara non-Arab, seperti China, Afrika, dan Indonesia. Di negara – negara tersebut, pengaruh budaya dan material lokal sangat terasa. Misalnya di Indonesia, kita mengenal masjid kudus dengan sebuah menara yang mendapat pengaruh dari kepercayaan hindu.

Sementara itu, masjid Djingarey Berre di Timbuktu,  Mali, juga sangat unik karena  masjid ini didesain dengan nuansa Afrika Barat, dibuat dari tanah, yang merupakan material utama yang kerap dipakai pada bangunan – bangunan. Di China, masjid – masjid juga kerap dilengkapi dengan arsitektur china dengan ornamennya yang khas. Salah satu masjid dengan arsitektur China adalah masjid yang terletak di Xian, China.

Masjid Kontemporer

Arsitektur masjid kontemporer merupakan campuran gaya, gambar dari tradisi arsitektural yang beragam untuk menciptakan sesuatu yang baru namun tetap dengan nuansa Islam. Masjid kontemporer ini banyak kita temukan di negara – negara barat, atau di kota – kota besar di Indonesia. Biasanya masjid kontemporer ini tampak sangat modern dari luar, dengan nuansa minimalis, dengan banyaknya elemen garis ketimbang lengkungan. Masjid – masjid modern kontemporer ini juga jarang menghadirkan menara di sampingnya. Namun, elemen wajib, seperti mihrab dan mimbar tetap dihadirkan dalam masjid kontemporer ini.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Tiga Macam Jenis Arsitektur Masjid is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Menata dan Mengorganisir Inventaris Kantor

desain-interior-dan-inventaris-kantor-2

Tips desain interior kantor – Tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengorganisasi kebutuhan kantor dengan efektif.

 

Teknik penataan dan pengorganisasian alat dan kebutuhan rumah tangga tidak hanya perlu diterapkan di rumah atau tempat tinggal saja, namun juga di kantor. Karena kebanyakan kebutuhan kantor merupakan kertas dan alat tulis, tentu teknik mengorganisasi kebutuhan kantor akan berbeda dengan menata peralatan rumah tangga di rumah.

Organisasi kebutuhan kantor ini penting untung mencegah pembelian terlalu banyak item tertentu, sementara item lain yang stoknya sudah menipis malah belum terbeli. Cara – cara di bawah ini bisa diterapkan untuk mengorganisasi kebutuhan kantor dengan efektif.

Pastikan ada seorang staff atau manager yang khusus menangani inventaris kantor

Untuk memastikan bahwa inventaris kantor meliputi ATK, furnitur, kertas, kabinet, dll sudah tersimpan rapi dan terorganisisasi dengan baik, kantor harus menunjuk seorang staff atau manager khusus menangani inventaris kantor, apalagi jika kantor tersebut cukup besar dengan ratusan, atau bahkan ribuan pegawai yang bekerja di dalamnya. Sang manager peru mencatat setiap item yang menjadi inventaris kantor, mencatat nilai atau harga serta jumlahnya, serta kapan item tersebut didatangkan.

Pencatatan juga berlaku untuk item – item kecil seperti ATK, yang meliputi pulpen, tip ex, bahkan gunting dan selotip. Item – item ini perlu dipisahkan berdasarkan ukurannya, dan disimpan dalam sebuah ruang khusus yang hanya bisa diakses oleh staf tertentu. Hal ini penting untuk mengurangi pencurian atau hilangnya inventaris perusahaan.

Lakukan penyortiran

Jika inventaris di dalam kantor belum tertata rapi dan masih acak, Anda perlu melakukan penyortiran. Pertama, keluarkan semua item dari lemari, kabinet, bahkan dari gudang. Dengan begitu Anda bisa melihat wujud setiap item. Kemudian, cek apakah kondisi barang masih baik, dan jika ada yang rusak, maka perlu segera dikeluarkan. Kemudian, pisahkan item besar dengan item kecil, serta posisikan setiap item berdasarkan intensitas penggunannya. Untuk item yang sering digunakan, maka perlu diletakkan di tempat – tempat yang mudah dijangkau.

Terapkan prinsip FIFO (First In First Out)

FIFO adalah singkatan dari First in, First out yang merupakan istilah umum dalam pengorganisasian stok barang atau inventaris suatu perusahaan. Dengan strategi FIFO ini, setiap barang inventaris yang datang terlebih dahulu di harus digunakan terlebih dahulu, sementara barang yang masuk belakang harus disimpan dahulu untuk dipakai kemudian. Caranya dengan dengan meletakkan barang yang baru di belakang barang yang lama.

Cara ini cukup jitu dalam mencegah agar barang inventaris tidak menumpuk di gudang dan akhirnya malah menjadi lapuk karena lama tersimpan di gudang dan tidak pernah dipakai.  FIFO juga membuat barang – barang masih dalam kondisi yang baik saat digunakan.

Kategorikan item – item tertentu

Dalam menata kebutuhan kantor, kategorikan item – item tertentu berdasarkan kesamaan ciri, ukuran, maupun fungsi. Misal, alat tulis kantor berupa pensil, pulpen, penghapus, tip ex, marker, dan peralatan yang dibutuhak untuk menulis mesti ditempahkan dalam satu wadah. Sementara itu, peralatan yang membantu pengorganisasian kertas dan arsip seperti pines, klip, binder klip, selotip, dan staples harus dijadikan satu.

Untuk item yang lebih besar seperti mesin foto kopi, printer, layar dan proyektor, keyboard, presentation folders, picture paper, folder untuk menyimpan file, dan letterhead perlu ditempatkan secara kolektif di gudang dan lokasinya berdekatan satu sama lain.

Jika Anda menempatkan benda – benda tersebut dalam lemari, pastikan bahwa benda yang ukurannya lebih besar dan bobotnya lebih berat ditempatkan di bawah guna menghindari retaknya rak yang bisa menimpa benda di bawahnya. Benda – benda yang jarang dipakai sebaiknya ditempatkan agak ke dalam atau di atas lemari, sementara benda yang sering dipakai di tempatkan di rak atau laci paling strategis dan mudah diraih.

Untuk item – item berukuran kecil, seperti alat tulis, sebaiknya ditempatkan dalam kotak atau wadah khusus yang berukuran besar, sebelum ditaruh di dalam lemari. Cara ini memperkecil kemungkinan item itu untuk jatuh, retak, rusak, atau terselip di antara tumpukan benda – benda yang lebih besar.

desain-interior-dan-inventaris-kantor-1

Desain Interior dan Investaris Kantor

Buat sebuah daftar item yang tersimpan dalam sebuah lemari atau sebuah ruangan

Jika semua benda sudah tersimpan di dalam lemari atau ruangan khusus, pastikan Anda mencatat benda apa saja yang disimpan di tempat itu, berikut jumlahnya dan lokasi penyimpanannya. Kategorikan berdasarkan kegunaan, misal kategori desk supplies yang meliputi selotip, pin, dan karet gelang, serta staples. Lakukan update secara berkala mengenai jumlah barang yang masuk dan keluar dari ruangan atau lemari penyimpanan.

Lakukan pembelian dalam jumlah banyak sekaligus

Biasakan untuk membeli item dalam jumlah besar, terlebih untuk barang yang sering digunakan dan cepat habis, seperti tinta, pulpen, tip ex, dan lem, kertas, amplop dan selotip. Dengan pembelian dalam jumlah besar, niscaya perusahaan akan lebih mudah dalam mendapatkan potongan harga. Selain mendapatkan potongan harga, kita mungkin bisa mendapatkan reward atau bonus item dari supplier barang – barang inventaris kantor, asalkan kita berani melakukan negosiasi dengan supplier.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Menata dan Mengorganisir Inventaris Kantor is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    



Dua Gedung Kembar dengan Fasad Cekung yang Membentuk Indentasi Berbentuk Bulan

desain-gedung-concrete-concave-1

Review desain arsitektur bangunan – Desain gedung kembar dengan pola bulan sabit yang unik karya arsitek Moon Hoon.

Sebuah gedung memiliki tampilan fasad yang menyerupai gedung di sebelahnya, menjadikan kedua gedung ini seperti bangunan yang kembar. Kedua gedung ini berlokasi di Seoul dan dirancang oleh arsitek asal Korea Selatan Moon Hoon. Nam Goongsun memperlihatkan keunikan bangunan kembar ini kepada Anda melalui hasil karya fotografinya.

Desain dua gedung kembar serba guna dengan konsep yang saling melengkapi

Moon adalah nama salah satu arsitek yang memberikan kontribusinya pada Korea’s Golden Lion dan memenangkan Venice Biennale pavilion di tahun 2014. Arsitek tersebut berhasil merancang dua gedung kembar serba guna dengan konsep yang saling melengkapi, di area di Goyang, kota yang terletak di barat laut ibukota Korea Selatan.

Salah satu bangunan digunakan untuk memenuhi permintaan klien, sementara bangunan yang satunya lagi diperuntukkan bagi adiknya. Sang arsitek menerapkan ide ini satu langkah lebih jauh dengan memperlakukan kedua-dua struktur layaknya gedung yang kembar, dengan fasad yang yang mirip dan berdampingan satu sama lain.

Two Moon, gedung kembar yang saling berdampingan

Konsep ini ditekankan dengan dengan ditambahkannya  reses bulat, yang membentang di kedua fasad untuk membuat dua bentuk bulan. Tak heran jika proyek ini dinamakan Two Moon atau  dua bulan.

desain-gedung-concrete-concave-2

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 2

desain-gedung-concrete-concave-3

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 3

Salah satu bangunan berada sedikit ke depan dibandingkan yang lain, keduanya terlihat sedikit tidak merata. Cara ini dimaksudkan guna menekankan bentuk bulan. Di sala satu sisi membentuk bulan sabit, sementara sisi bangunan yang kedua memiliki bentuk sebaliknya, yang dikenal dengan sebutan gibbous.

desain-gedung-concrete-concave-4

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 4

desain-gedung-concrete-concave-5

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 5

Adanya iregularitas untuk membuat dua bulan dengan bentuk yang berlawanan

Dua bangunan kembar ini memiliki sebuah struktur bola atau lingkaran yang besar, sehingga memiliki ruang cekung yang berbeda, namun kedunya jika digabungkan akan membentuk bulan yang bulat utuh. Kesan iregular sengaja diciptakan dengan adanya kontak dengan sphere atau struktur berbentuk bulat tersebut. Tak heran jika konsep desain ini menciptakan ruang dengan beberapa tonjolan di bagian dalam.

desain-gedung-concrete-concave-24

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 6

desain-gedung-concrete-concave-25

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 7

Menurut Moon, titik awal yang menjadi inspirasi dalam mewujudkan proyek Two Moon ini adalah sebuah film berjudul Two Moon Junction, sebuah drama erotis yang menampilkan hubungan perselingkuhan antara seorang lulusan perguruan tinggi dan seorang pria dari karnaval lokal.

desain-gedung-concrete-concave-27

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 8

desain-gedung-concrete-concave-28

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 9

desain-gedung-concrete-concave-29

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 10

Kadang-kadang, klienlah yang menawarkan ide untuk diwujudkan dalam sebuah proyek. Biasanya, mereka menawarkan ide dengan mengacu pada  tempat yang sudah  mereka bayangkan sebelumnya. Film Two Moon Junction baru dilaunching saat sang arsitek bertemu dengan klien, lalu tercetuslah untuk membawa ide ini ke konsep bangunan di dunia nyata.

Ruang berjiwa bebas dan memiliki sisi erotis

Ia menggambarkan gedung Two Moon ini sebagai  ruang  berjiwa bebas, dan di satu sisi juga memiliki sisi erotis layaknya digambarkan pada film. Tempat ini juga merepresentasikan tempat yang penuh pesta dan suasana santai.

Kedua bangunan ini tersusun atas tiga lantai dan masing masing berjarak dua meter. Dari segi fungsinya, secara bersama-sama  kedua gedung kembar ini menyediakan satu tempat, namun dari luar, kedua gedung ini tampak  berdiri sebagai dua bangunan yang terpisah.

desain-gedung-concrete-concave-30

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 11

desain-gedung-concrete-concave-31

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 12

Salah satu gedung memiliki sebuah galeri di lantai dasar, sementara gedung yang satunya lagi memiliki kedai kopi di lantai tengah. Dua ruangan lain pada level ini tersedia untuk disewakan, sehingga dapat digunakan sebagai kantor atau acara tertentu, sementara itu, lantai atas kedua bangunan dilengkapi roof terraces.

desain-gedung-concrete-concave-32

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 13

Anehnya, tidak ada tangga di dalam kedua bangunan tersebut. Sebab, tangga diletakkan di bagian luar pada  celah di antara dua struktur, sehingga memungkinkannya untuk membuka dan menutup serta berbagai ruang pada waktu yang lain.

Motif melingkar pada fasad diperkuat dengan beberapa jendela bukaan di seluruh bangunan. Sebuah void bulat yang berukuran besar memungkinkan cahaya tambahan menembus teras atap. Sementara itu, balkon setengah lingkaran ditempatkan di salah satu reses melengkung pada fasad.

desain-gedung-concrete-concave-21

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 14

desain-gedung-concrete-concave-22

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 15

desain-gedung-concrete-concave-23

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 16

Serangkaian perforasi kecil disesuaikan dengan horoskop  klien

Sang arsitek sengaja memasukkan ornamen dan simbol ke dalam arsitektur gedung kembar ini, dengan menampilkan sosok bintang dan bulan. Ada juga serangkaian kecil perforasi pada fasad yang menyerupai rasi bintang. Keduanya perforasi ini disesuaikan dengan horoskop kedua klien.

desain-gedung-concrete-concave-26

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 17

Beton adalah material utama yang digunakan dalam proyek konstruksi ini dan dibiarkan polos tanpa tertutupi struktur atau elemen lain, baik yang ada dalam maupun di luar. Di bagian dalam, semen ditambahkan untuk memberikan tekstur pada permukaan dinding bata pada bangunan.

desain-gedung-concrete-concave-10

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 18

desain-gedung-concrete-concave-11

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 19

desain-gedung-concrete-concave-12

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 20

Kabel listrik dan dan fitur serta perkakas lain dibiarkan terpampang tanpa ditutupi apapun, yang membuat setiap area bernuansa industrial, sebuah konsep desain yang tengah menjamur saat ini. Konsep industrial ini dilengkapi dengan langkan logam hitam dan jendela dengan bingkai warna gelap. Ada juga struktur – struktur berbentuk lingkaran di dalam ruangan. Di samping itu, ruangan – ruangan di lantai tengah memiliki langit-langit membentuk kubah.

desain-gedung-concrete-concave-20

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 21

desain-gedung-concrete-concave-18

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 22

desain-gedung-concrete-concave-19

Desain Arsitektur Bangunan Concrete Concave – View 23

Proyek Two Moon: Proyek dengan desain arsitektur yang tak biasa

Proyek Two Moon adalah proyek terbaru dalam serangkaian proyek-proyek Moon Hoon. Sebelumnya, Moon Hoon memang terkenal dalam mewujudkan proyek dengan desain arsitektur yang tak biasa, contohnya sebuah bangunan untuk agensi musik dengan  bagian depan melengkung dan balkon yang menonjol, dan rumah dengan sudut-sudut yang hilang.

Moon Hoon juga mengklaim bahwa desainnya merupakan respons terhadap konstruksi bangunan di perkotaan yang dianggap aneh. Kedua gedung merepresentasikan  semua jenis bangunan yang berdiri berdampingan satu sama lainnya, tanpa melihat apakah itu bangunan industrial, perumahan, atau bangunan liar, semua bercampur dan berkumpul jadi satu.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Dua Gedung Kembar dengan Fasad Cekung yang Membentuk Indentasi Berbentuk Bulan is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


Mendekorasi dan Menata Interior Rumah Kontrakan

desain-interior-rumah-kontrakan-3

Tips desain interior rumah – Cara mudah mendekorasi atau mendesain interior dan eksterior rumah kontrakan agar nyaman ditinggali.

Mendekorasi dan menata ruangan dalam rumah tentu bukan perkara yang rumit, karena kita dengan mudah menemukan beragam tips desain, dekorasi, dan interior rumah saat kita mengakses internet. Namun akan lain cerita jika rumah yang kita desain dan dekorasi interiornya bukanlah rumah milik kita sendiri, alias rumah sewa atau rumah kontrak. Tentu ada batasan – batasan perihal mendesain interior rumah kontrak ini, dan setiap dekorasi dan desain rumah kontrakan yang diterapkan kadang harus atas seijin pemilik rumah. Misalnya, kadang ada larangan untuk mengganti warna cat, mengganti lantai, atau mengubah posisi jendela.

Meski begitu, hendaknya batasan – batasan tersebut tidak membatasi kita dalam mengkreasikan setiap detail di dalam rumah agar tetap nyaman ditinggali. Di samping itu, rumah sewa juga harus tetap  mencerminkan gaya dan kepribadian Anda untuk membuat Anda merasa betah tinggal di rumah. Asal kita bisa kreatif dalam memanfaatkan furnitur, dekorasi dinding, hiasan, dan benda pajangan, dan aksesoris, niscaya kita akan mendapatkan interior rumah kontrakan yang apik, sehingga rumah kontrakan nyaman untuk dihuni.

Hadirkan furnitur yang fleksibel dan serbaguna

Ada baiknya Anda mempertimbangkan furnitur yang fleksibel dan patut ditempatkan di berbagai tipe atau konsep rumah yang berbeda. Hal ini penting untuk dipertimbangkan tatkala Anda membeli furnitur, karena mungkin saja Anda akan berpindah rumah kontrakan dari satu rumah ke rumah yang lain, jadi pemilihan furnitur yang fleksibel akan memudahkan Anda dalam memadukan furnitur dengan desain interior apapun. Sebagai contoh, ketimbang memilih sofa sectional, sebaiknya pilih sofa biasa atau love seat dengan beberapa kursi tambahan yang bisa diatur dengan berbagai cara agar dapat digunakan dalam mode ruang apapun. Selain itu, sofa atau kursi harus bisa diganti – ganti slipcovers nya untuk menciptakan nuansa ruangan yang berganti – ganti, sehingga tidak monoton.

Selain sofa, furnitur serbaguna lain yang wajib dihadirkan adalah kabinet, meja kopi atau meja tamu, dan meja sisi. Benda – benda ini cukup berguna dalam meletakkan dan menyimpan benda pajangan maupun benda fungsional.

Melakukan perbaikan pada bagian rumah yang rusak atau bocor

Sebuah rumah kontrakan mungkin saja telah dihuni beberapa kali, sehingga membuat rumah kontrakan dalam kondisi yang kurang sempurna, misalnya genteng yang bocor, plafon bocor, dinding retak – retak, hingga lantai dengan keramik yang sedikit retak. Apabila memungkinkan, mintalah sang pemilik rumah untuk melakukan renovasi atau perbaikan pada bagian – bagian rumah yang rusak sebelum Anda menempatinya. Namun jika ia enggan, mau tak mau Anda yang harus turun tangan membenahinya.

Ubin lantai sudah kusam dan tidak menarik? Tutupi saja dengan karpet

Lantai rumah yang sudah lama biasanya akan menguning, kusam, dan sedikit retak. Namun dalam kasus ini, mustahil Anda melakukan perbaikan dengan mengganti ubin lantainya, karena hal ini biasanya merupakan wewenang pemilik rumah. Solusinya adalah menutupi area lantai yang retak dan kusam dengan karpet atau area rug dan runners untuk menutupi bagian lantai yang kusam. Bahkan, pemilihan karpet yang tepat tak hanya bisa menutupi kekurangan pada lantai, tapi juga memberikan sentuhan dekoratif pada interior rumah kontrakan.

Untuk itu, sebaiknya pilih warna dan pola karpet yang senada dengan elemen lain dalam ruangan, misalnya dengan warna sofa, warna langit – langit, warna dinding, atau gorden.

desain-interior-rumah-kontrakan-4

Desain Interior Kamar Tidur Dengan Furniture Multifungsi

Hadirkan karya seni pajangan dalam rumah kontrakan

Meski tinggal di rumah kontrakan, Anda tetap harus memperhatikan kesan estetis di dalamnya dengan cara menampilkan karya seni atau benda pajangan. Gantunglah sebuah lukisan berbingkai, poster atau karya seni di dinding. Benda seni akan membuat ruangan lebih hidup dan semarak, terutama jika digantung pada dinding dengan latar belakang warna dinding yang putih. Benda pajangan yang digantung di dinding juga bisa berfungsi untuk mentupi retak pada dinding, lubang bekas paku, atau dinding yang keropos.

Beri perubahan dramatis pada dinding dengan wall sticker

Untuk sesuatu yang lebih dekoratif, tak ada salahnya menempelkan wall sticker pada dinding. Wall sticker lebih mudah diaplikasikan ketimbang wall paper dan kini menjadi tren untuk menghias dinding agar terlihat lebih artistik. Wall sticker mudah didapatkan di mana saja, seperti di pedagang kaki lima, toko furnitur, hingga toko buku. Wall sticker juga hadir dalam bentuk tematis.

Dengan harga yang cukup terjangkau (berkisar antara Rp 30 ribu – Rp 100.000 tergantung ukuran), Anda bisa membuat perubahan dramatis pada interior ruangan di rumah kontrakan.

Tanamlah bunga dalam pot untuk diletakkan di luar rumah

Dalam menata dan mempercantik rumah kontrakan, rasanya tidak adil jika kita hanya menaruh fokus pada interior. Kita juga perlu memperhatikan tampilan eksterior rumah kontrakan dengan cara menghiasinya dengan tanaman – tanaman dalam pot. Tanaman dalam pot dipilih karena lebih mudah dalam perawatan, dan bisa ditempatkan di mana saja, baik di teras, di halaman rumah, di tepi driveway, maupun dipajang dengan cara digantung.

Pilihlah tanaman yang menghasilkan bunga dengan warna yang cerah, misalnya mawar, anggrek, lavender, dan sedap malam.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Mendekorasi dan Menata Interior Rumah Kontrakan is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

    


More Recent Articles


You Might Like

Click here to safely unsubscribe from PT. Architectaria Media Cipta. Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy