Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here are the FeedBlitz email updates for you. Click here to start your FREE subscription



Cara Menghilangkan Bau pada Sofa and more...

Cara Menghilangkan Bau pada Sofa

interior_ruangan_dengan_sofa

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau di sofa dan membuat sofa bersih serta segar kembali.

 

Sofa lama yang kita beli dari toko antik atau toko yang menjual barang bekas biasanya dibanderol dengan harga yang lebih miring. Kita pun bisa mendapatkan sofa dengan kondisi yang masih utuh dan baik jika kita cermat dalam memilih. Namun satu hal yang tidak bisa kita hindari adalah sofa lama kadang berdebu dan berbau, meski sebenarnya masih berfungsi normal. Bau sofa ini mungkin saja timbul karena sudah lama tak dipakai, atau sebelumnya pernah dipakai orang yang memiliki hewan peliharaan, di mana bau dari hewan peliharaan tersebut masih menempel di permukaannya.

Tak perlu ragu untuk tetap membeli sofa lama tersebut, karena bau apek dan debu yang menempel bisa dihilangkan dengan mudah melalui berbagai cara di bawah ini:

  1. Keluarkan sofa pada pagi hari

Keluarkan sofa di pagi hari untuk mengurangi sedikit baunya. Cahaya matahari merupakan cara yang alami dan paling efektif untuk mengurangi bau apek pada permukaan sofa dan membuatnya lebih segar. Panas dari matahari juga bisa mematikan kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada permukaannya.

  1. Bersihkan sofa menggunakan steam cleaner

Menghilangkan bau dengan cepat bisa dilakukan menggunakan steam cleaner. Namun, pastikan Anda melihat petunjuk penggunaan dan cek apakah bahan sofa Anda memungkinkan untuk dilakukan pembersihan dengan steam cleaner.

  1. Taburkan baking soda di seluruh permukaan sofa

Bukan hal yang asing lagi jika baking soda bisa menyerap dan menghilangkan bau dengan alami. Anda cukup menaburkan baking soda ke seluruh permukaan sofa dan diamkan semalaman penuh. Lalu paginya, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan dan menyedot baking soda. Bau yang ada melekat pada sofa akan diserap oleh baking soda dan akan segera hilang setelah baking soda diangkat dari permukaan sofa.

  1. Menyegarkan bau sofa dengan cuka

Siapkan botol spray plastik dengan cuka, lalu semprotkan secara merata ke seluruh permukaan sofa. Cuka adalah larutan ampuh untuk menghilangkan bau sofa sekaligu menyegarkannya dengan bau segar yang khas.

  1. Jika ingin menggunakan bahan kimia, periksa dulu label sofa

Jika Anda berniat menghilangkan bau sofa dengan cepat menggunakan bahan kimia, perhatikan dulu bahan sofa. Juga, cek labelnya dan adakah larangan untuk membersihkan sofa dengan bahan kimia tertentu. Biasanya, untuk sofa dari bahan kulit, akan ada sedikit perlakuan khusus di mana kita tidak bisa sembarangan mengaplikasikan bahan kimia di permukaannya. Biasanya, sofa berlabel “W” aman untuk dibersihkan menggunakan air, sementara sofa berlabel “S” aman untuk dibersihkan dengan pelarut atau solvent-based solutions.

Bahan kimia seperti sabun bayi atau shampo bayi bisa digunakan. Kedua bahan ini cukup lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Dengan mencuci sofa menggunakan sabun atau shampo bayi ini, bau sofa akan hilang dan berubah menjadi aroma wangi yang lembut.

  1. Lepaskan dan cuci upholstery

Beberapa jenis sofa memungkinkan kita untuk melepas upholstery atau kain penutup sofa. Kain ini bisa dicuci dengan dry cleaning untuk menghilangkan bau sembari menghilangkan kotoran, kuman dan bakteri yang melekat akibat pemakaian sebelumnya.

  1. Bukan hanya sofa, bantal sofa pun bisa menjadi sumber bau pada sofa

Bantal sofa yang hadir satu set dengan sofa bisa saja menjadi penyebab bau pada sofa. Maka, jangan lewatkan untuk membersihkan bantal sofa sembari membersihkan sofa. Pertama, lepaskan sarung bantal dan cuci hingga bersih. Lakukan pencucian secara manual dengan tangan dan bukan dengan mesin cuci agar debu dan kotoran penyebab bau bisa lebih mudah larut. Untuk membersihkan bantal sofa, masukkan bantal pada plastik , lalu sedot udara di dalam plastik tersebut dengan vacuum cleaner sehingga plastik menjadi kedap udara. Cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan bau pada bantal sofa ketimbang kita mengaplikasikan vacuum cleaner secara langsung di permukaan bantal sofa.

  1. Untuk menghilangkan bau sofa kulit, jangan gunakan pembersih berbahan dasar minyak

Jika sofa Anda berbahan kulit asli, menghilangkan baunya bisa dengan shampo atau sabun bayi, atau pembersih khusus bahan kulit. Tapi, pastikan Anda tidak menggunakan pembersih berbahan dasar minyak karena minyak akan meninggalkan noda pada permukaan kulit. Tak hanya itu, hindari paparan sinar matahari langsung untuk mengeringkan sofa. Hal ini akan membuat permukaan kulit sofa menjadi retak – retak dan koyak.

  1. Sisipkan kayu atau akar wangi di bawah atau di sela – sela sofa

Untuk menjaga kesegaran sofa dan menghindari bau di kemudian hari, Anda bisa menempatkan kayu cendana atau akar wangi di sela – sela dudukan sofa maupun di bawah sofa. Kayu dan akar wangi ini adalah cara alami untuk membuat sofa tetap nyaman dan tidak berbau.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Cara Menghilangkan Bau pada Sofa is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    



Ingin Membangun Villa? Berikut Beberapa Hal Seputar Villa yang Perlu Anda Ketahui

desain_villa_1

Menentukan lokasi villa yang tepat, desain arsitektur villa yang sesuai dengan Anda, dan elemen serta fitur lain pada villa.

 

Apa itu Villa?

Istilah Villa berasal dari bahasa Italia yang merujuk pada rumah yang dibangun dengan desain klasik Italia. Ciri khas villa yakni sebuah rumah yang besar dengan penekanan pada aspek – aspek outdoor, seperti taman dan fitur outdoor lain. Villa didesain untuk relaksasi dan biasanya didesain eksklusif, berbeda dengan rumah – rumah modern lainnya.  Selain itu, villa kerap digunakan untuk mereka yang ingin menyendiri dan berlibur dari aktifitas sehari – hari.

Mengapa perlu membangun Villa?

Villa merupakan investasi yang menguntungkan, karena kita bisa menyewakannya kepada pengunjung yang ingin berlibur. Harga properti ini pun akan terus merangkak naik, terutama jika lokasinya cukup strategis, dekat dengan obyek wisata alam, dan segmentasi pengunjung yang jelas. Untuk itu, membangun villa menjadi pilihan banyak orang di masa sekarang sebagai pilihan investasi masa depan.

Di mana villa sebaiknya didirikan?

Lokasi villa turut menentukan pembangunan dan konstruksi villa, terutama dalam memilih desain villa yang tepat. Villa sebaiknya dibangun di area yang dekat dengan alam terbuka, misalnya pegunungan, persawahan, danau, atau pantai.

Fitur – fitur arsitektural apa saja yang harus dihadirkan pada villa?

Villa biasanya memiliki fitur – fitur khusus yang membedakannya dengan rumah – rumah pada umumnya. Salah satu yang membedakanya adalah adanya halaman atau courtyard pada interiornya. Di masa lalu, banyak villa juga memiliki tower yang menjadi sentral dan biasanya menjadi fitur tertinggi dibandingkan fitur – fitur lain di rumah. Tower ini menyajikan fungsi sebagai titik fokal pada villa. Villa biasanya didirikan di lahan yang sangat luas dengan taman ekstensif serta fitur air, baik berupa kolam renang, kolam ikan, air mancur, maupun air terjun buatan.

Selain itu, elemen lain yang dihadirkan pada villa misalnya ubin mosaik, patung, dan lukisan, menjadikan villa sebagai area dengan sentuhan seni yang tinggi. Atap villa biasanya terbuat dari terakota. Dindingnya, baik interior maupun eksterior, terbuat dari gips yang dicat dan diberi lukisan

Hal – hal apa saja yang perlu dihadirkan pada lanskap villa?

Karena berada di lokasi yang dekat dengan alam, biasanya lanskap dan vegetasi villa mengikuti lokasi di mana villa berada. Namun jika ingin menciptakan sesuatu yang unik, Anda bisa menambahkan taman yang dipenuhi buah dan hasil pertanian lain, misalnya kebun anggur, kebun apel, kebun strawberry, kebun bunga, dan jenis kebun lain. Kebun – kebun ini biasanya berlokasi di luar villa, namun tak jauh dan masih bisa dicapai hanya dengan jalan kaki.

Khusus untuk daerah dengan kondisi iklim dan cuaca yang kering, bisa memilih kebun lavender, rosemary, citrus atau bugenvil. Penting juga untuk menghadirkan tanaman – tanaman yang evergreen pada villa, jadi meskipun di musim kemarau, taman atau kebun akan tetap terlihat hijau dan segar.

Di samping menambahkan taman atau kebun, elemen lain untuk melengkapi lanskap villa antara lain jalan setapak yang dibuat dari batuan alam, patung – patung, air terjun buatan, dan waduk atau danau buatan.

Bagaimana menentukan desain villa yang sesuai?

Misal, Anda berniat membangun villa di tepi pantai. Maka, desain Villa ala Karibia ini cocok menjadi pilihan. Karibia merupakan kepulauan yang populer akan pantai – pantainya yang indah, lautnya yang biru, dengan iklim tropis yang hampir sama dengan Indonesia. Bangunan villa ala Karibia didesain tahan terhadap terpaan angin yang kencang, dengan concrete block , rebar construction, atau frame-built home.

desain_villa_2

Desain Arsitektur dan Lanskap Villa

Bagaimana merancang desain villa di pegunungan?

Untuk desain villa di pegunungan, ada dua jenis desain villa yang bisa pilih, misalnya desain villa bernuansa etnik khas Indonesia, atau desain villa yang lebih internasional. Lebih menyukai villa bernuansa etnik? Desain villa ala Jawa dan Bali bisa Anda gali dan adaptasi. Namun untuk desain dari luar negeri, Anda bisa memilih desain villa kontemporer Italia. Desain ini mengkombinasikan berbagai elemen seperti halnya gaya arsitektur di jaman kekaisaran Roma.

Beberapa elemen yang dihadirkan antara lain overhanging eaves dengan dinding atau pilar yang dihiasi karya seni (cornice lines). Kebanyakan villa bergaya klasik Italia terdiri atas satu atau dua struktur yang melibatkan unsur logam, terutama besi sebagai elemen yang fungsional sekaligu dekoratif, misalnya untuk pegangan tangga, jendela, hingga upper dan lower deck.

Di samping desain villa kontemporer Italia, Anda bisa mencoba desain villa Tuscan, yang lebih klasik namun tetap memasukkan unsur – unsur modern. Pada eksteriornya, batuan alam seperti batu marmer,  travertine atau batu gamping banyak dimanfaatkan. Selain itu, tiang atau kolom yang lebar dan tinggi akan mudah ditemui pada bagian depan, membentuk bukaan yang berfungsi sebagai pintu maupun jendela. Besi banyak digunakan untuk pintu, frame pada jendela, hingga pagar dan gerbangnya.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Ingin Membangun Villa? Berikut Beberapa Hal Seputar Villa yang Perlu Anda Ketahui is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    


Desain Interior Butik Bally karya David Chipperfield yang Mengadaptasi Interior Butik karya Marcel Breuer pada 1920an

desain_interior_butik_bally_5

Review desain interior adaptasi Butik Bally karya Marcel Breuer dengan berfokus pada sepatu dan menekankan keberadaan rak sebagai bagian dari interior.

 

Arsitek Inggris David Chipperfield telah menyelesaikan proyek pertama untuk merek aksesoris Swiss dengan brand Bally. Proyeknya kali ini adalah desain interior untuk bangunan butik ternama di New Bond Street, London.

Desain interior butik dari arsitek modernis, Marcel Breuer

David Chipperfield Architects menjadikan desain interior butik Bally karya Marcel Breuer yang dirancang pada tahun 1920-an untuk diadaptasi ke dalam butik yang baru yang luasnya sekitar 400 meter persegi. Brand Bally sendiri diciptakan pada tahun 1851. Konsep desain dari arsitek modernis, Marcel Breuer, dibawa kembali oleh David Chipperfield Architects untuk menguatkan kesan sejarah dan kebesaran brand ini di masa lalu.

Brand Bally adalah merek yang memiliki warisan yang luar biasa dan brand ini adalah salah satu perusahaan tertua di pasaran fashion dan aksesoris yang terus menerus eksis hingga sekarang. Dengan menghadirkan kembali desain interior klasik karya Marcel Breuer di tahun 1920-an, diharapkan pengunjung dapat memahami apa ciri khas dan warisan Bally dari tahun ke tahun, dan memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang.

desain_interior_butik_bally_1

Desain Interior Butik Bally – View 2

Bally: Butik pertama yang serius dalam menangani desain interiornya

Brand Bally sebelumnya kolaborasi dengan beberapa arsitek ternama untuk menggarap interior butiknya. Beberapa di antara arsitek tersebut adalah Robert Mallet-Stevens, Andrée Putman, Le Corbusier dan Karl Moser. Secara umum, desain interior Bally menunjukkan grafis yang menakjubkan. Butik – butik dari brand Bally sangat sadar akan detail dari tiap desain interiornya. Para pemilik butik terlibat langsung dengan arsitek dan desainer dalam setiap tahapan desain interiornya, menjadikan Bally sebagai salah satu butik pertama yang benar-benar serius dalam menangani desain interiornya.

Sepatu menjadi topik utama desain interior

Foto arsip ini menampilkan kotak – kotak sepatu yang ditumpuk di dinding butik yang dulu pernah didesain oleh Breur. Chipperfield diminta untuk menghadirkan kembali fitur ini. Sepatu menjadi topik utama desain interior ini, sesuai dengan tujuan Bally yang ingin berfokus pada alas kaki.

Toko sepatu memiliki tipologi yang sangat spesifik. Sebelum menangani proyek interior Bally ini, Chipperfield menyelesaikan proyek untuk rumah mode Valentino yang berlokasi di New York pada bulan lalu. Butik yang juga merupakan toko sepatu ini berbeda dengan toko-toko lain. Rak – rak sepatu dihadikan menyatu dengan dinding, dengan beberapa tempat duduk di dekatnya. Sehingga di mana pun pengunjung akan duduk, mereka akan menyaksikan banyaknya sepatu di dalam ruangan ini.

desain_interior_butik_bally_6

Desain Interior Butik Bally – View 3

Butik Bally yang pertama dan menjadi unggulan dalam lebih dari 20 tahun ini didekorasi ulang dan dipisahkan dalam tiga tingkat. Secara umum, bangunan ini berlokasi New Bond Street, dan menjadi salah satu tujuan belanja mewah paling terkenal di London.

Pakaian pria terletak di basement, sementara lantai pertama (ground level) didedikasikan untuk pakaian wanita. Lantai di atasnya difungsikan khusus untuk area Made to Order, Made to Colour dan Shoe Caring.

desain_interior_butik_bally_3

Desain Interior Butik Bally – View 4

desain_interior_butik_bally_4

Desain Interior Butik Bally – View 5

Pada semua tingkatan, kotak-kotak berwarna Burgundia ditumpuk dalam kolom di bagian dinding. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memilih sepatu sendiri ketimbang menunggu pelayan toko mencari sepatu yang mereka inginkan untuk mengambil pasangan sepatu yang tepat.

Penggunaan kayu Walnut pada panelnya

Panel – panel dari kayu Walnut dengan grid slot vertikal mengelilingi interior di setiap lantai. Kurva ini berada di sudut-sudut untuk menghubungkan ruang – ruang kecil serta menyediakan layar di seberang jendela yang menghadap ke jalan-jalan sekitarnya.

desain_interior_butik_bally_1

Desain Interior Butik Bally – View 7

Untuk menampilkan sepatu yang berada dalam kotak agar lebih mudah teridentifikan oleh pelanggan, Chipperfield merancang rak-rak yang terbuat dari aluminium yang dihubungkan ke dalam slot di dinding dengan kerangka kayu.

Sehingga secara umum, proyek ini adalah sebuah proyek yang mencoba merancang rak yang besar untuk mendisplay sepatu – sepatu koleksi brand Bally ini. Karena tanpa rak, bisnis dan jual beli di toko sepatu tidak akan berjalan karena pengunjung tidak bisa melihat koleksi sepatunya dengan mudah.

desain_interior_butik_bally_5

Desain Interior Butik Bally – View 8

Butik dengan backlit pada setiap rak

Untuk menerangi area dan produk – produk yang dipajang, setiap rak diberi backlit dengan menggunakan tegangan rendah yang ditransfer langsung dari dinding ke frame. Rak yang ada di sini harus dapat dibongkar pasang, dan dipindahkan bila diperlukan tanpa harus menyusunnya kembali satu per satu. Aksesoris – aksesoris lain selain sepatu ditampilkan di dalam freestanding vitrines, dengan logam kuningan yang melengkung sebagai bingkai berdasarkan desain interior butik Breur sebelumnya.

desain_interior_butik_bally_7

Desain Interior Butik Bally – View 9

Tangga di pusat bangunan diberi cladding dari marmer Swiss berwarna abu – abu, sementara karpet abu-abu diletakkan pada semua lantai toko. Setelah soft launch selama akhir pekan, kini Butik Bally ini siap untuk melayani setiap pengunjung yang akan berbelanja.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Desain Interior Butik Bally karya David Chipperfield yang Mengadaptasi Interior Butik karya Marcel Breuer pada 1920an is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    



Desain dan Dekorasi Kondominium untuk Memaksimalkan Pemanfaatan Interiornya

desain_interior_kondoinium_2

Cara memaksimalkan penggunaan ruangan dan tampilan interior kondominium dan bagaimana membuatnya nampak lebih luas dan lapang.

Kondominium merupakan salah satu townhouse di mana pemiliknya hanya berhak memiliki unit kondominium, tapi bukan tanah di mana kondominium itu berdiri. Biasanya dalam satu gedung, terdapat beberapa unit kondominium. Konsepnya hampir sama dengan apartemen, namun biasanya kondomonium jauh lebih luas. Karena lokasinya berada dalam gedung, hampir mustahil bagi kita untuk melakukan ekstensi pada kondominium.

Pada tampilan eksterior dan fasad pun, pemilik kondominium tak dapat berbuat banyak, karena fasad dan eksterior biasanya ditentukan oleh developer. Pemilik unit kondominium hanya diberi kebebasan dalam menata dan mendekorasi interior kondominium. Maka, berikut ini cara memaksimalkan penggunaan ruangan dan tampilan interior kondominium.

Gunakan setiap area sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan seperti yang diiklankan

Kala memasarkan kondominium, biasanya developer sudah menentukan setiap area sesuai dengan peruntukkannya, misal area untuk ruang makan, area keluarga, kamar tamu, ruang baca, dll. Anda tak harus mengikuti pakem ini. Anda bisa saja menggunakan sebuah area yang didesain untuk kamar tamu sebagai ruang kerja Anda, atau ruang makan menjadi satu dengan ruang keluarga. Cara ini tentu lebih memaksimalkan potensi ruangan pada kondomonium sesuai kebutuhan Anda.

Pilih warna palet untuk memberi kesan visual lebih luas

Untuk ruang – ruang yang digunakan untuk kepentingan bersama, misal ruang makan dan ruang keluarga, gunakan warna – warna palet atau pastel untuk memberi kesan ruang yang nampak lebar, serta tambahkan kaca atau cermin di beberapa sudut ruangan. Jangan gunakan hanya satu macam warna untuk interior kondominium. Gunakan warna lain pada setiap ruangan yang berbeda dan memiliki fungsi spesifik, misal ruang tamu, kamar, ruang ganti, dll. Warna yang berbeda juga akan memberi kesan pemisahan fungsi yang nyata antar ruangan.

Atur pencahayaan kondominium dengan teliti

Agar nuansa dalam ruangan tidak terkesan monoton, aplikasikan lebih dari satu pencahayaan untuk kondominium, yakni dengan menggabungkan recessed lighting untuk menyinari setiap sudut ruangan, overhead lighting seperti kandelar untuk ditempatkan di masing – masing ruangan, serta lampu meja untuk penyinaran di area yang lebih spesifik. Tapi, kita jangan hanya berfokus pada pencahayaan artifisial saja.

Mengingat Indonesia berada di daerah tropis, tentu sinar matahari sangatlah melimpah. Kita bisa memanfaatkan potensi ini untuk menghadirkan pencahayaan natural ke dalam kondomominium, terutama jika kondomonium Anda menghadap ke utara atau selatan, di mana intensitas cahaya matahari akan cenderung konsisten.

Anda bisa menambahkan beberapa jenis layar pada jendela Anda, yakni layar tipis untuk bagian dalam, dan layar tebal di bagian luarnya jika Anda menginginkan privasi. Anda bisa memilih kaca film ketimbang tirai atau panel tradisional.

Gunakan karpet untuk meredam suara

Mengingat jarak antara satu unit kondominium dengan kondominium yang lain sangat berdekatan, ada yang di samping kiri, kanan, di belakang, depan, atas dan bahkan bawah kita, pastikan agar Anda menggunakan karpet yang tebal, mengurangi lubang – lubang, dan memasang wallpaper yang tebal guna mengurangi intensitas suara yang terdengar keluar. Selain itu, Anda bisa menggunakan alat peredam suara khusus. Anda juga bisa mengganti lantainya dengan lantai kayu yang terbukti lebih baik dalam meredam suara.

Dengan meredam dan mengurangi intensitas suara di kondomominium, Anda tak akan membuat tetangga kesal dengan suara dari kondominiu. Anda juga akan merasa lebih aman dan terjaga privasinya karena obrolan dan percakapan Anda tak akan terdengar hingga ke tetangga.

desain_interior_kondoinium_1

Desain Interior Kondominium

Furnitur untuk kondominium

Karena kebanyakan kondominium memiliki luas ruangan yang tak seberapa, ada baiknya Anda berfokus pada ukuran dan penataan furnitur. Hadirkan furnitur dengan ukuran yang kompak, tidak terlalu besar, dan multi fungsi. Misal, Anda bisa menghadirkan rak buku. Selain untuk menyimpan buku, majalah, dan alat tulis, di sini Anda bisa meletakkan aksesoris serta benda – benda kecil yang biasa dipakai, seperti kunci, pemotong kuku, gunting, dsb.

Ada juga otoman, furnitur ini bisa memiliki fungsi ganda, yakni untuk menyimpan selimit atau bantal, sekaligus bisa digunakan sebagai meja sisi. Selain itu pastikan lokasi dan penataan furnitur pada kondominium dilakukan dengan memperhatikan trafik dan mobilisasi orang yang tinggal di dalam kondomonium tersebut.

Sediakan area terbuka (Open Floor)

Banyaknya dinding – dinding di dalam kondominium kadang bisa membuat ruangan nampak sempit, sesak, dan menghambat mobilisasi. Maka, diskusikan dengan kontraktor apakah Anda bisa menghilangkan dinding pemisah tersebut untuk menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu area yang luas (Open Floor). Area ini bisa Anda manfaatkan untuk berkumpul atau acara – acara besar yang mengundang banyak tamu.

Jika ingin membaginya ke dalam beberapa area, disarankan memilih partisi atau sekat non permanen. Jadi, kapanpun Anda membutuhkan area yang luas dan terbuka, Anda tinggal memindahkan dan menggeser saja partisi pada kondominium tersebut.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Desain dan Dekorasi Kondominium untuk Memaksimalkan Pemanfaatan Interiornya is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    


Meja Dapur dan Meja untuk Ruang Makan: Apa yang Membedakannya?

meja_dapur_dan_meja_makan_1

Beragam meja yang bisa digunakan diruang makan, baik sebagai meja dapur maupun meja makan serta beberapa dekorasi yang melengkapinya.

Meja dapur menjadi sarana untuk berkumpul bagi sebagian keluarga. Bahkan di meja ini, biasanya keluarga makan sembari bercengkerama, dengan kata lain, kegiatan memasak, menyajikan makanan, dan makan dilakukan dalam satu area. Ukuran meja dapur biasanya lebih kecil dibandingkan meja untuk ruang makan. Ada beragam meja yang bisa digunakan, baik sebagai meja dapur maupun meja makan, di antaranya beberapa jenis meja berikut ini:

Drop-Leaf Table

Meja Drop-leaf tables memiliki bagian yang fix atau melekat pada dinding, sementara bagian lain terdapat engsel yang memungkinkannya untuk dilipat ke atas maupun ke bawah. Jenis meja ini sangat menghemat tempat karena tipe meja dapur ini bisa dibuka ketika digunakan untuk makan, dan dilipat kembali ketika tak lagi digunakan.

Expandable Table (Meja makan yang dapat direntangkan)

Expandable table merupakan meja yang bisa diperpanjang dan diperluas ukurannya. Caranya dengan memisahkan bagian meja ini, lalu menyisipkan extra section di tengah – tengahnya dan kemudian meja disatukan kembali. Cara ini mampu membuat meja menjadi lebih panjang dan cocok digunakan untuk menjamu tamu tambahan tatkala acara makan malam keluarga atau perayaan tertentu.

Setelah selesai digunakan, extra section tadi bisa dilepas, lalu kedua bagian meja yang semula terpisah bisa disatukan kembali, sehingga menghemat cukup banyak tempat di area dapur maupun ruang makan.

Meja dapur dengan laci

Tak dapat dipungkiri bahwa dapur dan ruang makan adalah area yang kerap kali berantakan, terutama di kala selesai digunakan untuk memasak atau makan besar, sehingga menyisakan peralatan dapur yang tersebar kemana – mana. Jika Anda tipe orang yang menyukai kerapian, baiknya pilih jenis meja makan atau meja dapur yang memiliki laci built-in.

Laci – laci ini sangat membantu merapikan kembali dan menyimpan peralatan makan yang sudah tak lagi digunakan, seperti taplak, alas meja, tutup gelas, sendok, garpuk, pisau, dan sebagainya.

Kitchen Island (Pulau Dapur)

Kitchen island atau pulau dapur cocok dihadirkan pada ruang dapur yang tak terlalu luas. Pulau dapur berperan layaknya meja konter, di mana persiapan sebelum memasak dan penyajian makanan dilakukan di sini. Anda pun bisa menambahkan laci untuk unit penyimpanan tambahan. Tak hanya itu, meja ini juga bisa dengan mudah dikonvert menjadi meja makan dengan adanya tabletop counter di atasnya.

Meja makan Built-in

Meja built-in untuk dapur bisa dipasangkan dengan window bench dan menjadikan area ini cocok untuk acara makan malam yang formal. Sementara meja panjang yang tapi tak terlalu lebar cocok digunakan saat acara sarapan atau makan siang dengan nuansa yang lebih kasual. Jika Anda memiliki area makan di ruangan lain atau di sudut lain rumah Anda, hadirkan bar top yang senada dengan countertops Anda, lalu tambahkan beberapa bangku tanpa sandaran untuk menciptakan area makan yang kasual, santai, dan hangat.

Meja makan dengan fungsi ganda

Di rumah – rumah atau apartemen di mana luas ruangan cukup terbatas, penting untuk menghadirkan furnitur yang memiliki fungsi double, salah satunya meja dapur. Pastikan Anda memilih meja dapur yang juga bisa berfungsi sebagai unit penyimpanan, misalnya dengan memilih meja yang permukaannya bersih dan rapi yang bisa digunakan untuk meletakkan piring.

Jika Anda tinggal di apartemen, Anda bisa menggabungkan fungsi meja dapur ini dengan area kerja. Caranya dengan menambahkan laci – laci untuk menyimpan kertas dan alat tulis. Sehingga sembari menikmati makanan, Anda bisa mengerjakan pekerjaan Anda. Namun, Anda mesti berhati – hati, jangan sampai makanan dan minuman mengenai dokumen Anda.

Counter-height kitchen tables merupakan meja yang memiliki fitur alas sentral (central pedestal) dengan beberapa laci untuk menyimpan lap, serbet, taplak meja, alas meja, dan peralatan makan seperti pisau, sendok dan garpu.

meja_dapur_dan_meja_makan_2

Desain Meja Dapur Sekaligus Berfungsi Sebagai Meja Makan

Specialized Tables

Specialized tables merupakan jenis meja yang didesain untuk keperluan tertentu, contohnya card tables dan meja kopi (coffee tables). Bentuk meja ini berbeda – beda tergantung penggunaannya. Meja kopi biasanya lebih rendah, berbentuk bulat atau persegi, dan biasa diletakkan di lounge area. Sedangkan   card tables tingginya sekitar sepinggang orang dewasa, dengan bentuk bulat. Card tables lebih banyak ditemui dalam kondisi lama atau antik.

Setelah Anda mengetahui beragam model meja dapur dan meja makan mulai dari yang modern hingga yang sedikit klasik dan antik, jangan lupa untuk melengkapinya dengan beberapa dekorasi meja ini. Dekorasi meja ini lebih sering dihadirkan pada meja makan terutama yang digunakan untuk keperluan formal, yakni:

  1. Centerpieces

Hiasan yang dihadirkan di tengah – tengah meja makan, bisa berupa bunga, lilin, kerajinan tangan, dan buah dalam keranjang, baik buah asli maupun hanya buah imitasi untuk pajangan.

  1. Taplak meja

Taplak meja menutupi seluruh atau sebagian permukaan meja. Ada yang polos, atau pula yang bermotif dengan renda di sekelilingnya.

  1. Table Runners

Table runner hampir sama dengan taplak meja, tapi table runner hanya menutupi sebagian permukaan meja makan, biasanya di tengah – tengahnya, sehingga sekeliling tepian meja makan akan tetap terbuka.

  1. Alas/ tatakan piring

Tatakan piring dapat meningkatkan nuansa formal dalam meja makan. Tatakan piring juga membuat piring beserta peralatan makan lebih bersih karena tidak bersentuhan langsung dengan permukaan meja. Tatakan meja terbuat dari kain, tapi ada juga yang dari plastik atau vinyl.

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Meja Dapur dan Meja untuk Ruang Makan: Apa yang Membedakannya? is a post from: PT. Architectaria Media Cipta

    



More Recent Articles



Click here to safely unsubscribe from "PT. Architectaria Media Cipta." Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy